Teknologi
Minggu, 13 Maret 2016 - 04:00 WIB

PENEMUAN BARU : Unik! Laba-Laba Ini Punya Hobi Berenang dan Makan Ikan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dolomedes Briangreenei (Dailymail)

Penemuan baru adanya jenis laba-laba yang bisa memancing dan makan ikan kecil.

Solopos.com, QUEENSLAND — Penemuan baru kali ini tentang laba-laba bernama Brian atau Dolomedes Briangreenei di Australia. Laba-laba yang unik ini adalah salah satu dari sepuluh jenis laba-laba jenis baru yang ditemukan.

Advertisement

Sebagaimana dilansir TheVerge dan Mashable, Sabtu (12/3/2016), penemuan baru laba-laba ini doyan makan ikan dan hobi renang dan dapat duduk diam di pinggiran danau untuk menunggu ikan lewat dan menangkapnya.

Arachologis dari museum Queensland, Robert Raven, mengatakan laba-laba seolah-olah duduk diam di sekitar air dan ketika ada target, hewan ini langsung menyelam ke dalam air untuk menangkap target, lalu naik ke permukaan untuk menyantap tangkapannya.

Penemuan baru laba-laba air jenis Brian dalam gen Dolomedes, biasanya menggunakan sensor sensitif yang ada di kakinya untuk mendeteksi setiap getaran air di sekitarnya. Dengan sensor ini, laba-laba Brian bisa merasakan kehadiran pemangsa, serangga, dan ikan yang besarnya bisa 3 kali lebih besar dari tubuhnya.

Advertisement

Di lain sisi, penemuan baru laba yang gemar memakan ikan akhir-akhir ini sudah menjadi hal yang banyak ditemui. Salah satunya adalah laba-laba asli Inggris yang juga gemar memakan ikan kecil.

Laba-laba jenis Dolomedes briangreenei banyak melakukan hal-hal baru seperti manusia dan diberi nama Brian. Nama Brian diberikan sesuai dengan orang yang menemukannya, Brian Greene, yang juga bekerja di Museum Queensland Australia. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif