Lifestyle
Jumat, 11 Maret 2016 - 07:45 WIB

TIPS KECANTIKAN : Awas! 5 Kesalahan Ini Fatal Bagi Kulit Berjerawat

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jerawat (Dok)

Tips kecantikan mengulas lima kesalahan yang harus dihindari saat kulit berjerawat.

Solopos.com, SOLO — Mengatasi kulit berjerawat membutuhkan cara khusus. Salah-salah, jerawat pada wajah bisa semakin parah.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari laman Seventeen, Kamis (10/3/2016), berikut ini lima kekeliruan yang sering dilakukan seseorang terhadap kulit berjerawat.

1. Pakai Bahan Kasar
Membersihkan kulit dengan bahan kasar seperti spons mandi sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit semakin parah.

Menurut Dr. Warren Shapiro, wakil pimpinan sebuah klinik kecantikan, terlalu sering menggosok kulit dengan bahan kasar dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak pada waktu penyembuhan jerawat yang semakin lama.

Advertisement

2. Obat Jerawat
Sergio Nacht, Ph.D., seorang ahli teknologi pengobatan menyatakan, obat oles untuk jerawat hendaknya tidak hanya diaplikasikan pada benjolan yang meradang. Hal ini karena sebagian besar obat jenis tersebut berkhasiat untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

3. Menyentuh Jerawat
Menyentuh kulit yang sedang radang dapat menyebabkan infeksi. Bila sudah infeksi, keadaan kulit bisa semakin buruk. Untuk itu, berusahalah untuk tidak menyentuh jerawat. Trik mengoleskan obat jerawat ini merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada kulit.

4. Kurang Bersih Membilas Wajah
Saat mencuci muka dengan sabun, kemudian membilas wajah dengan air, maka Anda sedang menghilangkan kotoran dan minyak. ”Jadi, jika Anda tidak membilas sabun dengan sempurna, hal ini dapat menyebabkan iritasi,” terang Shulman, salah satu ahli di bidang kecantikan kulit.

Advertisement

5. Tidak Konsisten
“Obat jerawat tidak akan berdampak secara signifikan jika tidak digunakan secara rutin,” terang Dr. Nacht. Di sisi lain, terlalu berlebihan dalam menggunakan obat jerawat dapat berdampak pada iritasi kulit hingga kulit memerah dan kering.

Selain itu, jerawat juga tidak cepat sembuh. Kulit hanya dapat menyerap sebagian dari kandungan yang terdapat dalam suatu produk. Untuk itu, jika ingin mendapatkan hasil maksimal, gunakan produk perawatan kulit secara rutin. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif