Jogja
Jumat, 11 Maret 2016 - 02:40 WIB

RASKIN : Distribusi Diminta Lebih Lancar, Ini Jadwal Pembagiannya

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Diharapkan, distribusi raskin periode Maret yang akan dimulai pada Senin (14/3/2016) pekan depan dapat lebih lancar dibanding bulan sebelumnya.

 

Advertisement

Harianjogja.com, WATES-Selain kualitas beras, kelancaran distribusi bantuan beras miskin (raskin) menjadi perhatian dalam rapat koordinasi (rakor) raskin bulanan di Aula Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo, Kamis (10/3/2016). Diharapkan, distribusi raskin periode Maret yang akan dimulai pada Senin (14/3/2016) pekan depan dapat lebih lancar dibanding bulan sebelumnya.

Secara umum, distribusi raskin di setiap kecamatan berjalan lancar. Namun, tim mengungkapkan sempat terjadi keterlambatan pengiriman di wilayah Samigaluh dan Sentolo. Pasokan raskin tiba di balai desa beberapa jam lebih lama dibanding jadwal awal.

Perwakilan Bulog DIY, Fanshuri mengaku akan mengevaluasi keterlambatan distribusi di Samigaluh dan Sentolo. Menurutnya, perlu ada kajian lebih lanjut untuk memperbaiki sistem distribusi agar tidak terjadi keterlambatan lagi pada periode Maret ini. “Kami akan terus membangun dan memperkuat komunikasi antara Bulog dan tim raskin kecamatan,” kata dia.

Advertisement

Selain perwakilan Bulog DIY, rakor raskin juga dihadiri Tim Raskin DIY, Tim Raskin Kulonprogo, tim raskin masing-masing kecamatan, hingga para tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Rendahnya kualitas raskin masih menjadi keluhan sebagian rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTPSM).

Kondisi itu salah satunya diungkapkan perwakilan Tim Raskin Kecamatan Kokap, Prayogo. Dia menyampaikan, raskin yang dibagikan pada akhir Februari lalu dinilai dalam kondisi dan kualitas baik. Meski begitu, dia mengaku menerima laporan dari beberapa RTPSM. Mereka mengeluhkan rasa dan kualitas nasi dari raskin telah yang dimasak. “Kami kurang begitu tahu apakah ini ada kaitan dengan cara memasaknya atau hal lainnya,” ujar Prayogo.

Semua keluhan dan saran yang disampaikan dalam rakor raskin akan ditampung dan dijadikan bahan evaluasi untuk peningkatan kualitas bantuan raskin di Kulonprogo. Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Eka Pranyata kemudian mengajak para peserta rakor untuk mencicipi nasi ala raskin. “Nasi yang dihidangkan kali ini berasal dari salah satu mitra Bulog dan sengaja dipilih beras yang kualitasnya kurang bagus,” ucap Eka.

Advertisement

Sayur dan lauk yang disediakan juga relatif sangat sederhana, yaitu oseng pepaya, tahu, tempe, sambal, dan kerupuk. Eka berharap, para peserta rakor bisa menilai dan mengevaluasi kualitas nasi dari raskin setelah mencobanya langsung.
Grafis: Jadwal distribusi raskin periode Maret di Kulonprogo
Kecamatan Pengasih : 14 Maret 2016
Kecamatan Girimulyo : 15 Maret 2016
Kecamatan Kalibawang : 16 Maret 2016
Kecamatan Sentolo : 17 Maret 2016
Kecamatan Lendah : 21 Maret 2016
Kecamatan Galur : 21 Maret 2016
Kecamatan Nanggulan : 22 Maret 2016
Kecamatan Samigaluh : 22 Maret 2016
Kecamatan Panjatan : 23 Maret 2016
Kecamatan Kokap : 24 Maret 2016
Kecamatan Temon : 28 Maret 2016
Kecamatan Wates : 28 Maret 2016
Sumber : Dinsosnakertrans Kulonprogo

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif