Soloraya
Kamis, 10 Maret 2016 - 10:25 WIB

SEKOLAH BERPRESTASI SRAGEN : SMP Birrul Walidain Juara I Lomba Robotik Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyerahkan piala kepada tim robotika SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen yang meraih Juara I pada ajang PKP Islamic School Internasional Robotic Games di Jakarta Islamic Center, Selasa (8/3/2016). (Istimewa)

Sekolah berprestasi Sragen SMP Birrul Walidain berhasil meraih Juara I Lomba Robotik Internasional

Solopso.com, SRAGEN — SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen berhasil menyabet Juara I pada ajang PKP Islamic School Internasional Robotic Games di Jakarta Islamic Center, Selasa (8/3/2016).

Advertisement

Tim robotika SMP Birrul Walidain mampu mengungguli perwakilan luar negeri seperti Malaysia, Tailand, Singapura, Brunai Darussalam dan Jepang. Kemenangan itu membuat tim robotika SMP Birrul Walidain berhak membawa pulang Piala Gubernur DKI Jakarta.

Kepala SMP Birrul Walidain, Amir, mengatakan lomba robot internasional itu diikuti 57 tim yang terbagi tiga jenjang pendidikan yakni SD, SMP dan SMA. Tim robotika SMP Birrul Walidain mengikuti lomba untuk kategori maze solving atau pemecah jalan rumit. Robot jenis pololu dari SMP Birrul Walidain mampu mendulang poin enam pada sesi pertama dan kedua. Namun, pada sesi pertama, robot pololu itu mampu mencapai finis dengan lancar.

“Yang bisa finis itu hanya dua tim yakni dari SMP Birrul Walidain dan sebuah SMP dari Bandung yang meraih Juara II,” terang Amir yang masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Sragen saat dihubungi solopos.com, Rabu (9/3/2016).

Advertisement

Setelah diumumkan meraih Juara I, tim robotika SMP Birrul Walidain langsung sujud syukur. Selanjutnya, mereka diundang ke Kantor Gubernur DKI Jakarta untuk mengikuti jamuan makan malam. Hadiah piala itu diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Hadiah diserahkan Pak Ahok kepada anak-anak pada Selasa malam setelah mengikuti jamuan,” ujar Amir.

Ini adalah Juara I pertama yang diraih tim robotika dari SMP Birrul Walidain setelah beberapa kali mengikuti kejuaraan. Prestasi itu terasa istimewa karena baru kali ini SMP Birrul Walidain mengikuti kejuaraan setingkat internasional.

Advertisement

Sebelumnya, tim robotika dari SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen berhasil meraih Juara III pada ajang Thamrin Olympiad Cup IV pada akhir Februari lalu. Meski baru dua tahun berdiri, tim robotika SMP Birrul Walidain mampu berbicara banyak di tingkat nasional. Setidaknya ada lima medali yang berhasil diborong dari lima kejuaraan berbeda di tingkat nasional.

Tim robotika SMP Birrul Walidain terdiri atas delapan siswa yang terbagi dalam empat kelompok. Mereka adalah Dega Rofiyantama, Adam Nur Isnaini, Pradipta Arya Pramudita, Ikhwan Alidae, Muhammad Hafidh Roihan, Raihan Haris Wiratama, Afif Nur Fauzi dan Satria Putra Pratama.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif