Teknologi
Kamis, 10 Maret 2016 - 08:00 WIB

KISAH UNIK : Begini Reaksi Lucu Remaja Saat Lihat Tampilan Windows 95

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Windows 95 (Youtube)

Kisah unik kali ini menampilkan beberapa remaja tahun 1995  yang takjub saat melihat tampilan Windows 95.

Solopos.com, CALIFORNIA — Saat ini banyak anak remaja yang sudah dimanjakan dengan teknologi komputer yang canggih. Namun teknologi canggih harus melewati beberapa tahap fase perubahan.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo dan pantauan Youtube, Selasa (8/3/2016), salah satu contoh perkembangan yang sudah berbeda jauh yaitu sistem operasi Windows komputer.

Kisah unik kal ini berawal pada 24 Agustus 1995, Microsoft resmi merilis Windows 95. Beberapa tahun setelahnya, pengguna Windows 95 mulai tersebar dan mencapai penjualan 7 juta kopi, bahkan sempat menjadi komputer dengan OS windows 95 terlaris di masanya.

Advertisement

Kisah unik kal ini berawal pada 24 Agustus 1995, Microsoft resmi merilis Windows 95. Beberapa tahun setelahnya, pengguna Windows 95 mulai tersebar dan mencapai penjualan 7 juta kopi, bahkan sempat menjadi komputer dengan OS windows 95 terlaris di masanya.

Apabila dibandingkan dengan kecanggihan teknologi komputer saat ini, maka OS windows 95 bisa dikatakan sebagai penghuni museum. Beberapa fitur yang sampai saat ini masih dipakai Microsoft adalah fitur tombol start, my computer, Recycle Bin, dan Internet Explorer.

Salah satu channel Youtube Fine Brothers Entertainment membuat survei dengan 11 anak remaja yang sekaligus mengenalkan mereka dengan OS Windows 95. Secara langsung, anak-anak remaja tersebut tumbuh di era maraknya kehadiran windows 7, 8, bahkan windows 10 keluaran terbaru.

Advertisement

Saat kali pertama mereka melihat monitor tabung, yang marak digunakan pada 1995-2006, beberapa anak itu bahkan berekspresi tidak percaya dan salah seorang remaja bernama Daniel, 17, mengatakan monitornya lebih besar daripada CPU.

Bahkan untuk menyalakan komputer model lama itu, beberapa dari remaja itu bingung dan bahkan tidak tahu caranya. Setelah komputer kuno itu menyala, beberapa dari mereka juga terlihat tidak sabar ketika menunggu lamanya proses loading OS hingga dapat digunakan.

“Wah, ayah pasti bangga denganku saat ini,” ujar Rae, 16, salah satu anak remaja yang berhasil menyalakan komputer kuno tersebut dengan sangat bangga. Ekspresi Rae ketika saat itu yang membuat beberapa youtubers ikut tertawa dan berkomentar lucu tentangnya.

Advertisement

Hal lucu lainnya, ketika pihak Fine Brothers Entertainment meminta mereka untuk membuka Internet, semua anak remaja itu pertama tidak percaya apabila komputer kuno itu bisa tersambung dengan fasilitas Internet. Sampai saat mereka membaca sebuah kotak peringatan yang bertuliskan komputer tidak bisa tersambung dengan Internet karena tidak adanya koneksi.

Saat anak-anak itu mengetahui tipe komputer kuno tersebut tidak bisa menangkap sinyal Wifi, sontak mereka kaget dan bingung bagaimana cara agar OS Windows 95 itu bisa tersambung Internet.

Penggunaan Wifi pada zaman ini sudah sangat biasa, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Setiap smartphone, laptop atau personal computer (PC) sudah bisa dan harus bisa tersambung dengan fitur Wifi.

Advertisement

Selain sulit dan berbedanya cara konektivitas Internet, kemampuan komputer tersebut yang hanya memiliki slot disket juga membuat anak-anak itu kaget. Pasalnya setidaknya pengguna membutuhkan minimal 13 disket untuk meng-install file OS windows 95 yang hanya sebesar 4 MB. Apabila saat ini masih menggunakan disket untuk mengunduh file OS Windows 10 dengan ukuran 16 GB, itu akan membutuhkan ribuan disket.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita tidak lagi memerlukan disket untuk memindahkan atau mengunduh file. Kita bisa dengan mudah mengunduh file via Internet dan menyimpannya di flashdisk atau hardisk external dengan space yang luas. “Wah bagaimana bisa, rasanya smartphone-ku lebih canggih dari kmputer ini,” ujar Seth yang masih berusia 17 tahun ini.

Hal terakhir, ketika pihak Fine Brothers Entertainment menyuruh mereka untuk mematikan komputer itu, tiba-tiba ada pemberitahuan yang bertuliskan “Saat ini komputer sudah aman untuk dimatikan.”

Kalimat ini membuat anak-anak itu bingung dan was-was, karena pada komputer canggih saat ini, mereka tidak pernah melihat atau mengalami kejadian seperti ini. “Ada apa dengan peringatan itu? Kalau aku mematikan komputer sebelum ada pemberitahuan aman, komputernya akan meledak?” tanya Morgan,19, kepada  Fine Brothers Entertainment dengan ekspresi bingung. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik Windows 95
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif