Soloraya
Kamis, 10 Maret 2016 - 17:31 WIB

JOKOWI PUNYA CUCU : Pengunjung dan Pedagang Pasar Gede Berebut Jenang Merah-Putih

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang dan pengunjung Pasar Gede berdoa bersama dan menikmati bubur merah putih dalam rangka menyambut gembira kelahiran cucu pertama Presiden Jokowi di pasar setempat, Kamis (10/3/2016) sore. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Jokowi punya cucu, sejumlah pedagang Pasar Gede menyambut gembira kelahiran cucu pertama Presiden Jokowi dengan membuat jenang merah-putih.

Solopos.com, SOLO–Pedagang Pasar Gede bersama Republik Aeng-Aeng menyambut gembira kelahiran cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membagikan 200 pincuk jenang merah-putih kepada pedagang dan pengunjung Pasar Gede, Solo, Kamis (10/3/2016) pukul 15.30 WIB.

Advertisement

Pantauan Solopos.com di lokasi, pembagian jenang merah-putih kepada para pedagang maupun pengunjung Pasar Gede dilakukan di dalam pasar yang dirancang arsitek Belanda Thomas Karsten tersebut. Jenang dibagikan setelah para pedagang dan pengunjung berkumpul dan memanjatkan doa bersama-sama demi kebaikan cucu Presiden Jokowi.

Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto, menjelaskan kegiatan menikmati jenang merah-putih sudah menjadi tradisi Jawa dalam rangka menyambut kelahiran seorang bayi. Dia mengatakan jenang merah terbuat dari beras yang dimasak dengan santan, garam, dan dicampur dengan gula merah. Sedangkan pembuatan jenang putih hampir sama dengan bubur merah, hanya tanpa campuran gula merah.

“Jenang merah melambangkan sosok laki-laki, sedangkan jenang putih sebagai sosok perempuan. Keduanya disatukan dan membuahkan kelahiran [bayi]. Kegiatan ini untuk meenyambut kegembiraan kelahiran cucu perdana Presiden Jokowi,” kata Mayor kepada Solopos.com di sela-sela kegiatan, Kamis.

Advertisement

Mayor menyebut Presiden kini tidak lagi dipanggil Pak Jokowi, melainkan Simbah Jokowi setelah kelahiran cucu pertama berjenis kelamin laki-laki di RS PKU Muhammadiyah Solo, Kamis sekutar pukul 09.30 WIB. Dia berdoa anak dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda tersebut bisa meneruskan perjuangan Jokowi.

“Kami berharap cucu pertama presiden ini bisa meneruskan jejak perjuangan simbahnya sebagai negarawan. Semoga menjadi anak yang baik dan berbakti. Kami mewakili warga Solo menyambut gembira kelahiran anak dari Mas Gibran dan Mbak Selvi ini,” tanggap Mayor.

Belum ada lima menit setelah doa bersama, ratusan pincuk jenang merah-putih yang ditata di dua meja berukuran besar tersebut langsung ludes diperebutkan pedagang dan pengunjung Pasar Gede. Seorang pedagang Pasar Gede, Karsiman, berdoa agar cucu Presiden Jokowi bisa menjadi negarawan yang bijak. Selain itu, sang cucu presiden itu menjadi anak yang baik dan pandai.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif