Jogja
Kamis, 10 Maret 2016 - 12:56 WIB

INVESTASI BANTUL : Data Investasi Amburadul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisata Pantai Parangtritis (JIBI/Harian Jogja)

Investasi Bantul di Bantul tidak ada data

Harianjogja.com, BANTUL- Kabupaten Bantul tidak memiliki data yang valid atas nilai investasi yang ditanamkan di wilayah ini. Kondisi tersebut terjadi karena buruknya sistem birokrasi.

Advertisement

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Noviarni Nurmades mengatakan, sampai saat ini Bantul tidak memiliki data yang valid terkait nilai investasi yang masuk ke wilayah ini.

Baik investasi yang ditanamkan Pemilik Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Pemilik Modal Asing (PMA). Pasalnya kata dia, setiap data perizinan terkait investasi yang masuk ke Dinas Perizinan tidak terhubung secara online ke Bidang Penanaman Modal Disperindagkop.

Alhasil kata dia, lembaganya tidak mengetahui berapa nilai investasi yang masuk ke Bantul dari setiap perizinan yang diterbitkan Dinas Perizinan.

Advertisement

“Memang di Dinas Perizinan itu tidak menangani investasi hanya izin saja. Tapi kalau nilai investasi disertakan dan terhubung secara online ke kami pasti akan tahu data valid nilai investasi,” ujarnya, Selasa (8/3/2016).

Selama ini kata dia, Disperindagkop hanya mengumpulkan data nilai investasi dari Bidang Penanaman Modal di DIY maupun Pusat yang telah terkoneksi secara internet ke lembaganya.

“Kalau data PMA valid karena pasti terdata di Pusat, kalau PMDN ini tidak selamanya mengurus izin ke Pusat atau DIY jadi yang mengurus izin hanya di Bantul kami tidak tahu nilai investasinya,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Investasi Bantul
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif