Lifestyle
Rabu, 9 Maret 2016 - 02:20 WIB

WISATA MAGELANG : Tuntas di Progo Atas, Tertantang di Progo Hulu (3/3)

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harian Jogja saat rafting di Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah. Petualangan ini dimulai di Progo Atas, tepatnya dari kompleks Hotel Puri Asri Magelang yang dikelola oleh Progo Exventours. (JIBI/Harian Jogja/Ist)

Wisata Magelang kali ini mengenai arung jeram di Sungai Progo.

Harianjogja.com, MAGELANG-Magelang memang menyimpan pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Namun, di Magelang ada satu tempat wisata untuk memacu adrenalin yakni Sungai Progo. Bagi para pecinta olahraga ekstrem, Sungai Progo merupakan salah satu tempat yang menarik untuk disinggahi. Di Sungai Progo kita bisa melakukan wisata arung jeram atau rafting.

Advertisement

Dari tiga tantangan yang ada di jalur Progo Atas, jeram ace, rodeo dan coconut, awak Harian Jogja berhasil menaklukan seluruhnya. Dari pengalaman ini, rombongan dari Harian Jogja merasa puas. Sensasi melewati Jeram Ace, Rodeo, Coconut dan jeram lainnya masih menjadi bahan obrolan awak Harian Jogja sepanjang perjalanan di titik finish menuju Hotel Puri Asri Magelang.

Belum genap satu jam menyelesaikan jalur Progo Atas, sejumlah peserta mulai merencanakan arung jeram lagi khususnya di jalur yang lebih menantang. “Benar-benar menyenangkan. Nanti kita coba jalur Progo Hulu yang panjangnya 24 kilometer,” ujar Budi Cahyana yang sempat terjatuh dua kali saat mengarungi jalur Progo Atas.

Manager Event & Promosi Harian Jogja Moh Jonalis mengaku, trip di Progo Atas begitu menantang dan menyenangkan. “Untuk acara-acara seperti gathering, wisata ini sangat menarik dan menyenangkan. Lumayan untuk melepas penat selama bekerja,” ungkapnya.

Advertisement

Operator rafting Progo Xventours tak hanya menawarkan sensasi arung jeram di Progo Atas saja. Sales & Marketing Manager Operator Progo Xventours, Isnu Priyanto mengatakan, trip arung jeram Progo Atas merupakan wisata yang paling diminati para wisatawan. “Sejak berdiri 1997, wisata arung jeram Progo atas peringkat pertama. Kebanyakan diminati oleh tamu-tamu, baik dari pengunjung hotel, keluarga, perorangan maupun gathering perusahaan,” ujar Isnu kepada Harian Jogja, Sabtu (27/2/2016).

Progo Atas merupakan salah satu rute yang paling banyak dipilih pengunjung. Menurut Isnu, trip tersebut menawarkan sensasi jeram yang masih ramah bagi pengunjung yang dapat dikategorikan sebagai pemula. Artinya, bagi pengunjung yang belum memiliki pengalaman merasakan arung jeram dapat menjajal trip tersebut. Bahkan, trip di Progo Atas juga terbuka bagi peserta yang tidak bisa berenang dan juga anak-anak di atas usia tujuh tahun.

Namun, bagi peserta yang sudah cukup berpengalaman dengan rafting, Progo Xventour juga menyediakan paket yang lebih menantang yakni Progo Hulu dengan jarak tempuh 24 kilometer dengan waktu pengarungan sekitar empat jam. Di kalangan penggemar rafting, Progo Hulu masuk kategori grade 3+. Selain itu ada Progo Bawah yang masuk kategori grade 4. Progo bawah menawarkan trip menaklukkan jeram sejauh 16 kilometer dengan jarak tempuh sekitar empat jam. “Itu merupakan paket lanjutan kami untuk tamu yang memang sudah memiliki cukup pengalaman arung jeram. Untuk Progo Bawah tentu saja kami sediakan tambahan pemandu atau instruktur karena jalur tersebut memang khusus untuk yang sudah mahir. Ini semua untuk menjamin agar pengarungan berjalan aman,” jelas Isnu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif