Presenter saat siaran langsung Gerhana Matahari Total di TVRI. (Istimewa/Youtube)
Rabu, 9 Maret 2016 09:15 WIB TV Plus Share :

GERHANA MATAHARI TOTAL
Ini Rekaman Siaran Langsung Gerhana Matahari 1983 di TVRI

Gerhana Matahari Total pada 1983 hanya disiarkan oleh TVRI.

Solopos.com, SOLO – Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia telah berlalu di sebagian wilayah. Sejumlah televisi menyiarkan secara langsung pantauan fenomena alam yang langka ini. Bahkan sejumlah situs menyediakan live streaming, tidak seperti tahun 1983 yang hanya disiarkan TVRI.

Pada tahun 1983, TVRI sebagai televisi nasional milik pemerintah menjadi satu-satunya yang menyiarkan secara langsung Gerhana Matahari Total. Pada masa Orde Baru itu, masyarakat bahkan dihimbau untuk melihat televisi, alih-alih disarankan untuk memakai kaca mata khusus untuk melihat gerhana.

Menteri Penerangan Indonesia pada tahun itu, Harmoko, mengistruksikan secara agresif sehingga orang tidak memandang langsung ke matahari gerhana pada tanggal 11 Juni 1983 disebabkan kemungkinan menyebabkan kebutaan.

Pemberitahuan itu heboh, dan langsung membuat masyarakat tidak nyaman. Selain itu, peringatan akan bahaya ini datang langsung dari Soeharto, yang pada era 1980-an tentu memiliki pengaruh yang begitu kuat.

Bisa dibilang, tidak ada yang meragukan akan bahaya ini, semua orang sudah siap untuk bersembunyi dalam kejadian itu.

Tidak hanya instruksi langsung dari Harmoko, pemerintah juga semakin membuat orang takut untuk gerhana jumlah selebaran disebarkan dan spanduk.

Isinya nyaris sama, larangan bagi melihat langsung GMT. Bahkan selebarannya sendiri disebarkan lewat pesawat terbang agar bisa mencapai daerah yang lebih besar.

Stasiun TV nasional pun tak luput juga membuat seruan. TVRI juga menyarankan agar masyarakat melihat gerhana dari televisi atau mungkin mendengarkan disiarkan langsung lewat RRI.

Kejadian ini tentu berbeda jauh dengan kini. Laman Internet berbasis siaran streaming bahkan dibuat oleh swasta. Tak hanya itu, hampir setiap televisi menyiarkan secara langsung fenomena ini.

Masyarakat Indonesia juga disuguhkan dengan berbagai ulasan dan tontonan yang jauh lebih beragam. Pemerintah Daerah juga mempersiapkan peralatan khusus dan akses daerah untuk melihat Gerhana Matahari.

Berselang 33 tahun, siaran lawas TVRI bahkan diunggah di laman berbagi video, Youtube. Masyarakat Internet (netizen) bisa melihat siaran ini di https://www.youtube.com/watch?v=y6pI6S1pV7A dan https://www.youtube.com/watch?v=7XCWBIrUjbo.

Siaran langsung TVRI ini bekerjasama dengan televisi Jepang NHK untuk tayangan Gerhana Matahari 11 Juni 1983 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…