News
Rabu, 9 Maret 2016 - 15:00 WIB

GERHANA MATAHARI TOTAL : GMT 2016 di Palembang Tertutup Asap? Ini Bantahan PT Pusri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Asap pabrik yang diduga menghalangi penampakan gerhana matahari di Palembang, Rabu (9/3/2016). (Dinda Wulandari/JIBI/Bisnis)

Gerhana matahari total (GMT) 2016 tak dinikmati seluruh daerah. Di Palembang, gerhana tertutup awan dan diduga juga terhalang asap PT Pusri.

Solopos.com, PALEMBANG — PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menyatakan uap dari pabrik perusahaan bukan menjadi penyebab tertutupnya proses gerhana matahari total (GMT) 2016 di Kota Palembang. Hal ini menyusul dugaan sebagian pihak bahwa GMT 2016 di kota itu hari ini tertutup asap selain awan.

Advertisement

Sekretaris Perusahaan PT Pusri Palembang, Ismed Hasan Putro, mengatakan pihaknya sudah menjelaskan kepada pemerintah daerah sebelum kegiatan pengamatan GMT yang berpusat di Jembatan Ampera itu.

“Tertutup itu kan karena awan, dan itu [dari pabrik Pusri] bukan asap, tetapi uap, tadi ada yang naik tongkang mendekati PT Pusri malah terang,” katanya saat dihubungi Bisnis/JIBI, Rabu (9/3/2016).

Menurut dia, imbauan pemerintah daerah maupun masyarakat umum supaya Pusri menghentikan produksi pada saat GMT berlangsung tidak mungkin dilaksanakan. Pasalnya, kata dia, produsen pupuk pelat merah itu harus menanggung biaya terlalu besar jika pabrik berhenti operasi.

Advertisement

“Setop itu biayanya besar, bisa Rp20 miliar, karena kami kan harus tetap bayar gas alam yang dipakai untuk pabrik,” ujarnya.

Ismed melanjutkan opsi setop operasional itu sulit dilakukan karena perusahaan melakukan usaha yang berkaitan dengan kepentingan nasional.
“Tidak mungkin setop apalagi [petani] sekarang butuh pasokan pupuk karena sedang masa tanam,” katanya. Baca juga: Inilah Penampakan Gerhana Matahari di Langit Kota Solo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif