Jogja
Rabu, 9 Maret 2016 - 12:06 WIB

GERHANA MATAHARI TOTAL : Di Tugu Jogja, Seniman Ini Pilih Mengabadikan Gerhana dalam Lukisan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perupa asal Jogja, Operasi Rachman Muhammad, memanfaatkan momen gerhana matahari yang berlangsung Rabu (9/3/2016) untuk membuat lukisan. (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Gerhana matahari total diabadikan dalam berbagai bentuk, salah satunya lukisan

Harianjogja.com, JOGJA– Mengabadikan gerhana tak hanya bisa dilakukan lewat kamera. Perupa asal Jogja, Operasi Rachman Muhammad, memanfaatkan momen gerhana matahari yang berlangsung Rabu (9/3/2016) untuk membuat lukisan spontan di atas kanvas berukuran besar.

Advertisement

Operasi mengaku dirinya sudah datang sejak jam lima pagi dan memasang kanvas di sisi barat Tugu Jogja. Saat kerumunan warga mulai muncul, dia baru memulai proyek lukisannya. Puncaknya saat matahari tertutup bulan dia mencoretkan tinta hitam di atas gambar Matahari.

Meski sudah sempat ditawar pagi tadi, Operasi mengaku belum ingin melepas lukisannya. Karya yang dimaksudkannya untuk menyampaikan pesan perdamaian ini pun rencananya akan menjadi koleksi pribadinya.

“”Momen ini begitu istimewa, disini, saat ini, semua orang berkumpul dan menikmati keindahan alam yang langka. Maka pesan damai saya tuangkan dalam bentuk kata-kata di lukisan ini,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif