Teknologi
Rabu, 9 Maret 2016 - 19:10 WIB

GERHANA MATAHARI TOTAL: Ada Penampakan Planet saat Gerhana GMT

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana matahari (nasa.com)

Gerhana matahari total memperlihatkan bintang dari arah timur.

Solopos.com, SOLO – Pada saat terjadi gerhana matahari, Rabu (9/3/2016) pagi, tersiar kabar bintang terang terlihat di arah timur. Saat gerhana mengakibatkan gelap pada satu area, maka kemungkinan bintang yang terang itu merupakan planet.

Advertisement

Peneliti astronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Prof DR Suhardja D. Wiramiharjda, M.Sc. tidak menyebutkan nama planet dari objek tersebut.

Ditambahkan olehnya, saat gerhana matahari ilmuwan meneliti korona atau cahaya semu di sekitar Matahari pada saat terjadi Gerhana Matahari Total (GMT). Pada saat gerhana itu terjadi, maka langit akan gelap, sementara menampilkan korona berwarna putih yang terlihat oleh mata.

“Kami lihat korona, kalau tidak ada gerhana, [korona] itu tidak akan terlihat,” ujar Suhardja sebagaimana dilansir Okezone.com, Rabu.

Advertisement

Dijelaskan, korona merupakan bagian terluar dari Matahari, yang terlihat terang putih pada saat gerhana Matahari. Suhardja mengatakan, pada saat gerhana Matahari, hal ini bisa mempengaruhi kehidupan flora dan fauna. Selain itu, manusia yang melihat gerhana juga dianjurkan untuk menggunakan kacamata khusus.

“Begitu gelap (GMT), pupil mata kita besar sekali. Begitu keluar (selesai GMT), itu terang sekali. Jadi kaget, baiknya pakai itu (kacamata). Kalau matahari, tidak gerhana pun berbahaya kalau dilihat terus, 20 detik memandang matahari, bisa rusak mata kita,” jelasnya

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif