Jateng
Rabu, 9 Maret 2016 - 05:50 WIB

GERHANA MATAHARI : Paket Gerhana MAJT Laris Manis, 1.200 Kacamata Terjual

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana matahari (brownspaceman.com)

Gerhana matahari membikin kaum muslimin Semarang penasaran untuk melihatnya secara langsung dengan kacamata khusus yang ditawarkan Panitia Salat Berjemaah Gerhana Matahari Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Semarangpos.com, SEMARANGPanitia Salat Berjemaah Gerhana Matahari Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menyiapkan paket kudapan dan kaca mata khusus untuk melihat gerhana matahari seharga Rp30.000 bagi jemaah salat kusuf tersebut. Fatkhuri, salah seorang panitia, mengungkapkan hingga Selasa malam pihaknya telah menjual sekitar 1.200 paket.

Advertisement

“Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin membeli kaca mata khusus untuk melihat gerhana sampai pukul 21.00 WIB,” terang dia, Selasa (8/3/2016).

Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Jl. Gajah Raya, Kota Semarang, melaksanakan salat kusuf atau gerhana matahari berjemaah pada pukul 06.30 WIB dengan imam K.H. Ulil Abshor Al-hafidz dan khatib Ketua Badan Pengelola MAJT Noor Achmad. “Salat gerhana matahari diikuti Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Wali Kota Semarang Hendra Prihadi serta pejabat lainnya,” jelas Fatkhuri.

Setelah salat gerhana, Wakil Gubernur Jateng dan para pejabat melihat gerhana matahari menggunakan teropong astronomi di plaza Masjid Agung Jawa Tengah.

Advertisement

Sebelumnya, diberitakan Semarangpos.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah dalam prakiraan cuaca menyebutkan wilayah Semarang dan Soloraya pada Rabu (9/3/2016), cerah . “Cuaca di wilayah Semarang dan Soloraya pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, besok Rabu [9/3/2016/]  cerah,” kata  prakirawan BMKG Jateng Zauyik Nana Ruslan ketika dihubungi Semarangpos.com, Selasa.

Dengan kondisi cuaca pagi yang cerah ini warga di wilayah Kota Semarang dan Soloraya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian (GMS) yang diperkirakan pada pukul 06.20 WIB dan puncaknya pukul 07.24 WIB. Hanya saja, lanjut dia setelah pukul 10.00 WIB sampai sore hari di wilayah Semarang berpotensi terjadi hujan. Demikian pula dengan sejumlah wilayah di Soloraya seperti Sukoharjo dan Klaten yang berpotensi hujan ringan. “Cerah tapi berawan. Pada sore sampai malam berpeluang hujan,” tandasnya.

 

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif