Lifestyle
Selasa, 8 Maret 2016 - 08:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Waspada! Kenali Tanda Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi paru-paru (Medicalnewstoday.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang ciri-ciri kanker paru-paru.

Solopos.com, SOLO — Jangan menyepelekan tanda-tanda kecil yang bisa menjadi ciri awal kanker paru-paru. Tak hanya bagi perokok, tips kesehatan ini juga hadir sebagai imbauan kepada Anda yang tak merokok soal risiko terkena kanker paru-paru.

Advertisement

Sebagaimana dilansir Supertastyrecipes, Senin (7/3/2016), menurut peneliti di American Cancer Society, gejala kanker paru-paru sulit diidentifikasi. Namun, apabila si penderita bisa mengetahuinya lebih awal sebelum sel kanker semakin menyebar, penyakit tersebut bisa segera ditangani secara medis, dan kemungkinan sembuh lebih besar, daripada saat kanker berada di stadium lanjut.

Berikut tanda-tanda penderita kanker paru-paru;

1. Batuk Berdarah
Saat seseorang batuk parah dan mengeluarkan dahak, itu adalah hal wajar. Tapi, apabila seseorang mengalami batuk berat disertai dengan mengeluarkan darah, orang tersebut harus waspada. Segera periksakan diri ke dokter, sebelum keadaan makin memburuk.

Advertisement

2. Berat Badan Turun
Penurunan berat badan yang berlebihan tanpa adanya perubahan gaya hidup atau pola makan merupakan indikasi penyakit kanker paru-paru. Jangan sepelekan soal berat badan ini. Anda patut khawatir jika berat badan Anda terus turun, padahal pola makan dan olahraga Anda teratur.

3. Nyeri Tulang
Di stadium lanjut, sel kanker akan menyebar hingga ke tulang. Apabila Anda merasa sakit pada pinggul atau punggung, segera minta bantuan dokter untuk memeriksa kesehatan Anda. Tak hanya ciri untuk kanker paru-paru, nyeri tulang juga bisa menjadi gejala seperti gangguan arthritis.

4. Nyeri Dada
Nyeri dada merupakan salah satu tanda seseorang terkena kanker paru-paru. Hal itu bisa terjadi karena sel kanker paru-paru menekan bagian dada. Penderita penyakit ini biasanya merasa bagian dadanya sakit ketika bernapas dalam-dalam.

Advertisement

5. Masalah Pernapasan Kronis
Orang yang terkena kanker paru-paru biasanya mengalami masalah pernapasan kronis. Gangguan pernapasan ini bisa berupa sesak napas dan infeksi saluran pernapasan.

6. Kelelahan Kronis
Tahukah Anda, sel-sel kanker memangsa sel-sel sehat dalam tubuh dan mengikis sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita kanker paru-paru mengalami kelelahan terus-menerus. Kelelahan tubuh ini terjadi karena sel-sel baik dalam tubuh bekerja keras melawan sel-sel kanker yang menyerangnya.

7. Suara Serak
Orang yang paru-parunya sehat memiliki suara yang jelas. Sementara penderita kanker paru-paru biasanya bersuara berat dan serak . Suara tersebut bisa menjadi tanda kanker paru-paru.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif