Teknologi
Selasa, 8 Maret 2016 - 15:45 WIB

TIPS KESEHATAN : 7 Manfaat Pisang yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pisang (wartabepe.staff.ub.ac.id)

Tips kesehatan manfaat mengonsumsi buah pisang.

Solopos.com, SOLO – Selain enak, buah pisang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. mengonsumsi pisang setiap hari dapat terhindar dari resiko penyakit jantung, sembelit hingga keluhan saat menstruasi.

Advertisement

Selain itu, pisang juga memberikan energi tambahan bagi tubuh. Dikutip dari laman Boldsky pada Selasa (8/3/2016), inilah sejumlah manfaat pisang yang perlu Anda ketahui;

Meningkatkan Mood

Advertisement

Meningkatkan Mood

Pisang banyak mengandung tryptophan. Senyawa ini bermanfaat untuk membuat seseorang lebih rileks serta meningkatkan mood. Hal ini terjadi karena tryptophan pada pisang berfungsi memproduksi senyawa yang membuat seseorang merasa lebih baik (serotonin).

Mengontrol Tekanan Darah

Advertisement

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pisang dapat membantu seseorang untuk berhenti dari kecanduan merokok. Konsumsi sedikitnya 3 buah pisang setiap pagi untuk menghilangkan kecanduan pada rokok.

Menghindari Pembekuan Darah

Advertisement

Penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko pembekuan darah terutama pada otak. Potasium merupakan senyawa yang berperan dalam proses ini.

Memproduksi Zat Besi

Pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat ini berperan dalam memproduksi hemoglobin dan mencegah anemia.

Advertisement

Mencegah Sembelit

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan hal itu, pisang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sembelit.

Menyehatkan Tulang

Sebuah studi menyatakan jika potasium yang terkandung dalam pisang juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada tulang.

(Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif