Sport
Selasa, 8 Maret 2016 - 08:00 WIB

PERSIS MUDA : Berlaga di Linus, Persis Muda Ganti Nama

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis muda (pink) berebut bola dengan pemain Al Watoni dalam laga uji coba di stadion Sriwedari, Solo, Selasa (1/3/2016). (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Persis Muda akan berganti nama saat berlaga di Liga Nusantara.

Solopos.com, SOLO – Persis Solo Muda dipastikan berlaga di Liga Nusantara (Linus) Jawa Tengah (Jateng) 2016 yang diagendakan bergulir pada 19 April hingga 14 Agustus 2016 mendatang. Namun, tim besutan Agus Pratikno itu akan mengusung nama sedikit berbeda, yakni Persis Muda Gotong Royong Solo.

Advertisement

Sekretaris Asosiasi Kota (Askot) PSSI Solo, Sapto Joko Purwadi, mengatakan perubahan nama Persis Muda dilakukan untuk memenuhi syarat tampil di Linus. “Memang aturannya nama setiap tim paling tidak menggunakan tiga suku kata. Kalau Persis Muda kan hanya dua suku kata jadi kami memutuskan menambah nama menjadi Persis Muda Gotong Royong Solo tapi nanti panggilannya tetap Persis Muda,” jelas dia, saat kepada Solopos.com, Senin (7/3/2016).

Kepastian penampilan Persis Muda di Linus 2016 didapatkan setelah pengurus PSSI dari seluruh daerah Jawa Tengah (Jateng) menggelar rapat di Semarang, Minggu (6/3/2016) malam WIB. Persis Muda menjadi salah satu dari 28 tim yang bakal berlaga di kompetisi kasta ketiga di Indonesia itu. Tim-tim lain yang akan berkompetisi di antaranya adalah Persiku Kudus, Persitema Temanggung, Persebi Boyolali, Persik Kendal, Persikaba Blora, dan PSISra Sragen, dan Persika Karanganyar.

“Jumlah tim yang ikut Linus Jateng masih bisa bertambah. Sejauh ini, hanya ada dua tim baru di Linus Jateng, yakni Persis Muda dan Hati Beriman Salatiga,” ujar Sapto.

Advertisement

Setelah pendaftaran klub, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng akan melakukan verifikasi stadion pada 29-31 Maret 2016 sedangkan workshop dan manager meeting digelar 2 April 2016, dilanjutkan pendaftaran pemain 4 hingga 15 April 2016. Sementara itu, babak penyisihan menggunakan format grup dengan pertandingan home dan away pada 19 April hingga 4 Mei 2016.

Kompetisi akan memasuki masa jeda pada 5 hingga 14 Mei 2016 sebelum putaran kedua dimulai 15 hingga 29 Mei 2016 nanti. Setelah itu, babak delapan besar bakal digulirkan menggunakan sistem dua kaki, leg pertama pada 17 Juli 2016 dilanjutkan leg kedua 7 Agustus 2016. “Untuk laga final digelar di tempat semifinalis terbaik pada 14 Agustus 2016,” imbuh Sapto.

Sejak dibentuk sejak September 2015, Persis Muda telah mengikuti sejumlah turnamen dan menggelar beberapa kali uji coba. Dengan persiapan yang cukup panjang, skuat polesan Agus Pratikno diharapkan mampu meraih hasil maksimal dalam penampilan pertama di Linus. Selain Linus, Asprov PSSI Jateng juga merencanakan penyelenggaraan liga sepak bola remaja Piala Suratin 2016.

Advertisement

“Ada dua agenda dari Asprov Jateng, yakni Linus dan Piala Suratin. Piala Suratin dimulai setelah final Linus, jadi kemungkinan pertengahan Agustus 2016 nanti,” tutur Sapto.

Hingga saat ini, Askot PSSI Solo belum membentuk tim Persis Solo Junior (Jr) untuk berlaga di Piala Suratin. Namun, Sapto mengatakan Persis Jr. bisa dipersiapkan dalam waktu singkat. “Persis Jr. bisa menggunakan pemain-pemain dari tim Popda [Pekan Olahraga Pelajar Daerah] Solo yang juga sudah memulai persiapan,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif