Jogja
Selasa, 8 Maret 2016 - 22:20 WIB

GERHANA MATAHARI TOTAL : Melihat Gerhana Langsung, Makula Mata Dapat Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Mata dr.Yap Jogja, Muhammad Bayu Sasongko sedang menunjukkan bagian mata yang rusak, apabila masyarakat nekat melihat fenomena gerhana matahari langsung, tanpa alat pelindung. Foto diambil usai temu media di ruang auditorium RS Mata dr.Yap, Jogja, Senin (7/3/2016).(Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Gerhana matahari total diimbau tak dilihat dengan mata telanjang.

Harianjogja.com, JOGJA-Melihat matahari secara langsung, saat fenomena gerhana matahari, berdampak terbakarnya makula atau bintik kuning pada mata.

Advertisement

Dokter spesialis mata Rumah Sakit Mata dr.Yap, Muhammad Bayu Sasongko pada Senin (7/3/2016) mengatakan, bintik kuning sebagai bagian retina, berfungsi menerima cahaya dan meneruskan ke otak. Sangat berbahaya apabila cahaya yang diterima tidak tereduksi, dampak terburuk ialah bintik mata akan terbakar (makula burn).

“Tidak disertai gejala awal. Tahu-tahu muncul seperti ada bulatan hitam di mata bagian tengah, yang menghalangi kemampuan penglihatan,” ujarnya di hadapan para wartawan.

Advertisement

“Tidak disertai gejala awal. Tahu-tahu muncul seperti ada bulatan hitam di mata bagian tengah, yang menghalangi kemampuan penglihatan,” ujarnya di hadapan para wartawan.

Bahkan, kondisi terbakarnya bintik kuning tidak disertai rasa sakit atau nyeri, pasalnya ketika melihat matahari saat gerhana, kita akan ‘tertipu’ matahari yang terlihat redup dan tidak menyilaukan. Padahal di dalam mata, tanpa disadari bintik mata terbakar. Proses terbakarnya makula, dapat dianalogikan seperti terbakarnya kertas putih, apabila disinari dengan cahaya matahari, dengan perantara lup/kaca pembesar.

Secara teori, dampak dari terbakarnya bintik kuning mata ini bisa berlangsung permanen maupun sementara.

Advertisement

Ia juga mengimbau agar berhati-hati apabila mengikutsertakan anak dalam pengamatan gerhana matahari. Karena, lensa mata anak yang masih begitu jernih dibanding lensa mata orang dewasa, justru memperbesar potensi kerusakan mata, apabila mereka melihat gerhana matahari secara langsung.

Dampak buruk dari melihat gerhana secara langsung, dapat dirasakan secara seketika, ataupun beberapa waktu setelah aktivitas melihat sinar matahari tersebut.

Bayu menjelaskan, sesungguhnya tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin mengamati fenomena gerhana matahari, yang sedianya dapat dilakukan pada 9 Maret 2016 mendatang. Hanya saja, perlu dipahami, melihat matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan yang disebut solar retinopathy, dengan gejala gangguan penglihatan hingga kebutaan yang bersifat sementara atau permanen.

Advertisement

Meski demikian, Bayu menyarankan kepada masyarakat yang ingin melihat fenomena gerhana matahari, bisa mengamatinya dengan menggunakan alat bantu, sehingga proses pengamatan tetap aman bagi mata.

Cara pertama yang bisa dilakukan, dengan memanfaatkan dua lembar kertas HVS. Salah satu lembar kertas tersebut kemudian dilubangi memakai ujung pensil atau bolpoin dengan diameter kurang lebih 3 milimeter. Sementara, satu kertas lain digunakan untuk memantulkan bayangan gerhana matahari.

Melalui lubang kecil tersebut, masyarakat dapat melihat pantulan cahaya gerhana matahari di kertas yang kedua. Namun posisi mata [kepala, tubuh] membelakangi matahari.

Advertisement

Cara lain, yakni memakai kaca mata tukang las. Kaca mata tukang las dinilai aman karena memiliki filter cahaya, sehingga cukup aman digunakan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif