Teknologi
Selasa, 8 Maret 2016 - 16:35 WIB

GERHANA MATAHARI TOTAL : Ini Cara Aman Foto Selfie Saat GMT

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simulasi Pengamatan Gerhana Matahari (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Gerhana matahari total di Indonesia akan terjadi besok. Ada cara aman berfoto selfie saat terjadi GMT.

Solopos.com, SOLO — Fenomena alam gerhana matahari total akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia, Rabu (9/3/2016) besok. Ada beberapa cara aman apabila Anda ingin berfoto selfie saat terjadi GMT.

Advertisement

Dengan berkembangnya teknologi, tak sedikit orang yang ingin mengabadikan fenomena alam gerhana matahari total dengan perangkat canggih yang dimilikinya seperti kamera digital atau kamera smartphone.

Akan tetapi, apakah Anda tahu mengambil foto selfie saat gerhana matahari total berlangsung dengan mata telanjang dapat membahayakan mata Anda?

Advertisement

Akan tetapi, apakah Anda tahu mengambil foto selfie saat gerhana matahari total berlangsung dengan mata telanjang dapat membahayakan mata Anda?

Meski gerhana matahari total lebih gelap dan lebih mudah untuk melihatnya, justru dampak yang diberikan sinar gerhana dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda.

Simak beberapa cara aman mengambil foto selfie saat gerhana matahari total menggunakan kamera kesayangan Anda, seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (8/3/2016).

Advertisement

Ketika gerhana matahari total sedang berlangsung, jangan lihat sinarnya secara langsung. Mungkin Anda memang tidak merasakan mata Anda sakit pada saat itu. Akan tetapi, Anda akan merasakan dampaknya di beberapa hari kemudian.

Efek sinar matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efek after image. Hal ini sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk melihat sekitar.

Efek after image juga diperkuat oleh salah satu data yang dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris, jumlah pasien dengan kerusakan mata setelah gerhana matahari 1999 meningkat pada Jumat, 20 Maret 2015.

Advertisement

2. Pakai Kaca Mata Pelindung

Kaca mata pelindung gerhana matahari total akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet dan sinar infrared yang berbahaya. Dengan mengenakan kacamata pelindung, setidaknya Anda bisa melihat sinar gerhana secara aman dan dapat mengambil foto dari gerhana tersebut.

Disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung dengan sertifikasi CE-Approved. Usahakan juga jangan menggunakan kaca mata gelap yang biasa, karena kaca mata tersebut tidak akan bisa melindungi mata Anda dari sinar gerhana.

Advertisement

3. Lihat Gerhana Gunakan Kamera Atau Smartphone

Berhati-hatilah ketika Anda mencoba untuk melihat gerhana. Sinar gerhana tetap akan membakar mata Anda ketika mencoba mengabadikan momen tersebut, tetap gunakan kaca mata pelindung ketika Anda sedang mengambil foto gerhana.

Apabila mengenakan kaca mata pelindung, coba lihat gerhana yang akan Anda ambil fotonya lewat layar kamera atau smartphone, setidaknya hal itu dapat melindungi mata Anda dari sinar gerhana.

4. Boleh Selfie Membelakangi Gerhana

Semua orang pasti dapat melakukan selfie kapan saja dan di mana saja, tetapi pada saat momen gerhana matahari total, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfie bersama teman-teman di depan gerhana matahari secara langsung.

Apabila Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari total, setidaknya coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana.

Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkena backlight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilkan efek foto silhouette yang membelakangi sinar gerhana matahari.

5. Gunakan Lensa Astrosolar

Untuk menghindari silaunya sinar gerhana matahari total yang begitu intens, ada baiknya Anda melindungi kamera dengan lensa astrosolar.

Lensa ini dapat melindungi kamera Anda dengan mengurangi sinar yang datang ke kamera dan tentunya dapat mempertajam image gerhana matahari total yang Anda abadikan lewat kamera.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif