Lifestyle
Senin, 7 Maret 2016 - 00:40 WIB

DESAIN INTERIOR : Begini Cara Bikin Kolam Ikan Mini di Rumah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kolam ikan mini (Pinterest)

Desain interior dan eksterior penting bagi Anda yang selalu menginginkan kenyamanan di rumah.

Solopos.com, SOLO – Suara gemericik air dari kolam ikan semakin menambah ketenangan dalam hidup Anda. Ingin punya kolam ikan tetapi halaman belakang rumah Anda sempit? Tak perlu cemas, ada solusinya kok.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari gardeningknowhow.com, Minggu (6/3/2016), berikut cara membangun kolam ikan mungil di kebun Anda:

1.Pilih Lokasi
Sebuah kolam mini harus dibangun pada tempat yang setidaknya bisa mendapat sinar matahari paling tidak empat hingga enam jam sehari. Cara ini membantu menjaga kolam terlihat sehat dan bersih. Hindari membangun kolam di bawah atap yang memungkinkan air dari genting masuk ke kolam. Hal itu dapat mengakibatkan kotoran dengan mudah masuk ke kolam.

2.Tentukan Seberapa Besar Kolam
Ketika membangun kolam kecil, kedalaman kolam setidaknya harus 2 kaki atau 0,6 meter. Seberapa luas kolam dibangun tergantung pada ruang kosong yang Anda miliki. Minimal, kolam harus memiliki luas 0.9 meter atau 1,2 meter akan lebih baik.

Advertisement

3. Menggali Kolam Anda
Jika Anda berencana memelihara tanaman air di kolam Anda, galilah 0,3 meter terlebih dahulu lalu mulai menggali sisanya ke bawah sedalam 0,3 meter dari tepi kolam. Anda dapat menempatkan tanaman di galian pertama.

4. Letakkan Filter atau Air Mancur
Jika Anda ingin air mancur atau filter, tempatkan filter atau air mancur ditempat yang Anda inginkan. Air mancur dan filter sangat penting bagi Anda yang berencana memelihara ikan.

5. Isi dengan Air
Isi kolam dengan air dan nyalakan air mancur. Diamkan air di kolam selama satu pekan sebelum Anda menambahkan ikan atau tanaman. Hal ini memungkinkan klorin dalam air menguap.

Advertisement

6. Tambahkan Tanaman dan Ikan
Tambahkan tanaman di kolam Anda untuk menjaga kolam terlihat bersih dan cantik. Memelihara ikan ide bagus ditambahkan di kolam mungil itu. Anda dapat membeli ikan mas dan dipelihara di kolam. Ikan akan tumbuh sesuai dengan ukuran kolam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif