Otomotif
Minggu, 6 Maret 2016 - 05:40 WIB

MOBIL TERCEPAT : Ini 5 Fakta Unik Jet Darat Bugatti Chiron

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Interior Bugatti Chiron. (Leftlanenews.com)

Mobil tercepat di dunia lahir dengan nama Bugatti Chiron.

Solopos.com, SOLO – Mobil tercepat di dunia, Bugatti Chiron resmi meluncur. Di balik mesinnya yang sangar dan harganya yang mencapai Rp34,6 miliar, Chiron rupanya menyimpan sejumlah fakta unik.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari laman Caranddriver, Jumat (4/3/2016), berikut ini adalah lima fakta unik tentang mobil tercepat Bugatti Veyron.

Nama Chiron
Nama Bugatti Chiron diambil dari nama Louis Chiron, yakni seorang pembalap legendaris Bugatti. Pembalap asal Monako itu dikenal dengan karirnya yang cemerlang. Ia hampir tidak pernah kalah dalam balapan Grand Prix 1920-1930.

Terinspirasi Mobil Klasik
Jika dilihat dari samping, Bugatti Chiron memiliki lekukan bodi berbentuk huruf C yang unik. Selain sebagai pemanis tampilan, lekukan tersebut berfungsi sebagai lubang penyuplai udara ke ruang bakar. Dikatakan konsep lekukan itu terinspirasi dari mobil klasik Bugatti 57SC yang diproduksi tahun 1930 silam.

Advertisement

Buritan Bugatti Chiron. (Caranddriver.com)

Handling Lebih Mudah
Bugatti mengklaim pengendalian (handling) Chiron lebih mudah dan tidak seperti Veyron yang sulit berbelok saat ngebut. Hal itu berkat hadirnya electric power steering, suspensi baru, serta torque vectoring pada roda belakang. Chiron bahkan disebut dapat diajak drifting dengan mudah.

Lubang Knalpot Menipu
Sekilas mobil Bugatti Chiron hanya memiliki empat lubang knalpot. Tetapi sebenarnya mobil tercepat di dunia itu memiliki dua lubang knalpot lain yang tersembunyi. Letaknya di ujung kiri dan kanan difusser dan diberi warna hitam.

Advertisement

Bugatti Chiron. (Leftlanenews.com) (1)

Emblem Mewah
Grille Bugatti Chiron ditempeli emblem mungil khas Bugatti. Emblem tersebut berbahan perak dikerjakan dengan tangan (hand made). Jika dibeli secara terpisah, emblem itu dijual seharga US$550 atau sekitar Rp7,5 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif