Soloraya
Sabtu, 5 Maret 2016 - 20:10 WIB

KICK ANDY METRO TV : Ini Kiprah Mbah Sadiman Selamatkan Lingkungan Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelestari lingkungan dari Wonogiri, Sadiman. (Istimewa)

Kick Andy Metro TV tak lama lagi akan menayangkan Kick Andy Heroes 2016, salah satunya nominenya warga Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI —  Warga Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Sadiman, 64, menjadi satu dari 12 kandidat Kick Andy Heroes 2016. Kiprah pria yang akrab disapa Mbah Sadiman ini sangat besar di bidang lingkungan hidup.

Advertisement

Tanpa meminta upah, Sadiman melakukan reboisasi di hutan milik Perhutani di bukit Gendol dan Ampyangan selama 20 tahun. Dikutip dari website kickandy.com, Sadiman adalah seorang petani penggarap lahan tumpangsari di lahan pilik Perhutani.

Baca Juga:
Ini Komentar Mbah Sadiman
Begini Cara Dukung Mbah Sadiman
Ayo Wonogiri Dukung Mbah Sadiman

Advertisement

Baca Juga:
Ini Komentar Mbah Sadiman
Begini Cara Dukung Mbah Sadiman
Ayo Wonogiri Dukung Mbah Sadiman

Warga Dusun Dali, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, ini menanami bukit yang gundul akibat kebakaran dan penebangan liar. Mbah Sadiman rela merogoh kocek sendiri demi membeli bibit yang hendak ditanamnya. Semua berawal tahun 1995 saat dia merasa suhu udara di desanya makin panas, padahal Desa Geneng berada di lereng gunung.

Debit air di sungai terus berkurang, sedangkan beberapa mata air mati. Akibat kekurangan air, warga terserang berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan diare.

Advertisement

Ribuan Pohon

Hingga kini, 11.000 pohon diantaranya 4.000 beringin sudah ditanam Sadiman di areal seluas 100 hektare milik Perhutani. Itu belum termasuk ribuan lamtoro yang tumbuh dari benih yang ia sebarkan di seluruh penjuru hutan.

Mbah Sadiman tidak hanya menamam, namun juga merawat dan menanami kembali jika ada pohon yang mati. Berkat usaha dan kegigihannya, keadaan mulai membaik beberapa tahun terakhir. Sejumlah mata air yang bersumber di bukit Gendol dan Ampyangan kembali mengalir. Desa Geneng pun bebas dari krisis air.

Advertisement

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat apel pagi di halaman Kantor Pemkab Wonogiri, Kamis (3/3/2016), memberikan dukungan kepada Mbah Sadiman. Joko mengajak masyarakat dan pegawai Pemkab mendukung Mbah Sadiman meraih Kick Andy Heroes Award dengan memilih Sadiman di website resmi Kick Andy.

Mantan Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, pernah memberikan bingkisan kepada Sadiman, 2014 lalu, kiprah besarnya menyelamatkan lingkungan. Dia juga beberapa kali menerima penghargaan dari sejumlah pihak.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Wonogiri, Agus Sumanto, saat ditemui Solopos.com di Wonogiri, Jumat, bercerita usaha Mbah Sadiman menjaga bukit Gendol dan Ampyangan mampu menjaga kelestarian alam.

Advertisement

“Upaya Mbah Sadiman menanam pohon jenis beringin di bukit Gendol dan Ampyangan mampu menjaga ketersediaan air bersih sehingga air tetap mengalir dan menghidupi 3.000-an jiwa,” terang Agus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif