Soloraya
Sabtu, 5 Maret 2016 - 16:35 WIB

AYO MEMBACA SOLOPOS : Seru, Budayakan Membaca Lewat Media di SMA Al Azhar 7 Solo Baru

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru berfoto bersama saat acara Ayo Bersama Membaca Solopos di sekolah setempat, Jumat (4/3/2016). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Ayo membaca Solopos merupakan program Solopos untuk membudayakan membaca di kalangan pelajar.

Solopos.com, SUKOHARJO – Ratusan siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru berkumpul dan duduk lesehan di masjid sekolah. Mereka duduk berjejer rapi membentuk barisan. Tak berapa lama kemudian, seorang guru membawa pengeras suara berdiri dan menyambut kedatangan kru Solopos yang dipimpin langsung Manajer Sirkulasi, Frangky Simon. Para siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru mengikuti acara bertajuk Ayo Bersama Membaca Solopos, Jumat (4/3/2016).

Advertisement

Acara dimulai dengan berbagai atraksi yang disuguhkan para siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru. Atraksi pencak silat dengan tangan kosong ditampilkan para siswi yang memakai seragam warna merah. Mereka menampilkan beberapa jurus baku pencak silat. Tak ayal, atraksi pencak silat itu mengundang decak kagum para siswa lainnya. Atraksi pencak silat itu disambut tepuk tangan meriah.

Hiburan ditutup dengan atraksi kelompok pramuka yang memakai seragam serba cokelat. Setiap anggota kelompok pramuka membawa sepasang bendera semafor yang biasa digunakan untuk mengirim sandi. Atraksi yang ditampilkan anggota pramuka menyuguhkan gerakan baris berbaris yang dikombinasi dengan membentuk formasi layaknya cheerleader.

Kemeriahan acara Ayo Bersama Membaca Solopos berlanjut ketika ratusan siswa diajak membaca bersama yang dipandu staf Bagian Sirkulasi Solopos, Raka. Para siswa diberi waktu membaca koran selama 10 menit. Selanjutnya, lima perwakilan siswa diminta maju dan menjabarkan berita paling menarik.

Advertisement

Seorang siswa kelas XII, Retno Cahyaningsih, mengatakan lebih menyukai membaca artikel berita kuliner. Menurut dia, berita kuliner tak kalah menarik dibanding berita pemerintahan, politik maupun kriminal. Dia mendapat informasi mengenai berbagai macam resep menu makanan yang bisa diolah di rumah.

Masyarakat yang sebelumnya tak mengetahui resep makanan menjadi tahu dan bisa mempraktikkan langsung.
Selain itu, informasi kuliner juga menyuguhkan lokasi rumah makan atau restoran secara lengkap dan detail di wilayah Soloraya.

“Jangan salah, informasi kuliner juga dicari masyarakat terutama kaum wanita. Saya sering mempraktikkan membuat makanan dari resep yang disajikan berita kuliner,” papar dia.

Advertisement

Di sisi lain, Kepala SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru, Budi Harjo, mengatakan ada tiga manfaat dari pelaksanaan kegiatan Ayo Membaca Bersama Solopos. Pertama, menumbuhkan minat membaca para siswa. Mereka mendapatkan informasi detail dan rinci di segala aspek kehidupan. Kedua, berita yang dibaca berimplikasi menambah pengetahuan dan wawasan para siswa.

Ketiga, para siswa dapat selektif menyaring informasi bermanfaat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Sekarang banyak content berbau pornografi dalam jejaring sosial media. Saya berharap siswa bisa menyeleksi informasi yang bermanfaat atau tidak,” terang dia.

Selama ini, para siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru kerap menorehkan prestasi emas di bidang pendidikan. Mereka baru saja menggondol lima medali saat mengikuti Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) pada 20 Januari di Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan itu diikuti seluruh SMA Al Azhar yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif