Lifestyle
Jumat, 4 Maret 2016 - 02:10 WIB

KULINER SOLO : Mencicipi Lezatnya Kepiting Pedas Singapore

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepiting masak singapore (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo menghadirkan olahan kepiting pedas singapore.

Solopos.com, SOLO – Siapa yang tidak kenal dengan kepiting? Hewan yang memiliki kulit keras ini menjadi salah satu menu favorit penggemar seafood.

Advertisement

Biasanya, kepiting dimasak dengan bumbu lada hitam, asam manis, atau saus tiram. Namun, pernahkan mencoba kepiting dengan saus singapura? Menu kepiting singapura ini salah satunya ada di Candi Resto Solo Baru.

Uniknya kepiting ini tidak dimasak melalui proses perebusan maupun penggorengan. Resto yang beralamat di Jl Ir Soekarno No. 33 Solo Baru, Sukoharjo ini langsung mencampurkan kepiting dengan rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya ke dalam wajan.

Advertisement

Uniknya kepiting ini tidak dimasak melalui proses perebusan maupun penggorengan. Resto yang beralamat di Jl Ir Soekarno No. 33 Solo Baru, Sukoharjo ini langsung mencampurkan kepiting dengan rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya ke dalam wajan.

Menu ini disajikan di atas piring dengan selada di sekitarnya. Aroma khas kepiting langsung merebak saat disajikan di atas meja makan. Saus singapore yang kental terlihat menyirami tubuh kepiting yang berwarna kemerah-merahan.

Tak sabar, Solopos.com pun langsung mengambil kepiting yang tersebut. Membutuhkan alat penjepit khusus untuk mengeluarkan daging yang tersembunyi di dalam kulit kepiting ini. Namun jangan khawatir kulit kepiting ini tidak keras-keras amat. Justru memecah kulit kepiting ini yang menjadi momen yang paling ditunggu oleh pencinta seafood.

Advertisement

Chef Candi Resto Solo Baru, Budi Ahong, mengaku menggunakan teknik yang berbeda saat memasaknya. “Kepiting ini tidak direbus atau digoreng dahulu. Tetapi saya masak langsung bersama bumbu dan rempah-rempah, sehingga rasanya benar-benar menyatu. Aroma khas kepiting juga tidak akan hilang,” tuturnya saat ditemui Solopos.com di Candi Resto Solo Baru, Kamis (3/3/2016).

Dia menggunakan coconut cream agar saus yang disajikan benar-benar kental. Rempah-rempah yang digunakan juga benar-benar berkualitas agar tidak mengurangi rasa. Menu kepiting masak singapore tersebut dijual seharga Rp300.000/kg/porsi.

Dia juga memberikan tips dalam memilih kepiting. Kepiting harus benar-benar segar dan masih hidup. Usahakan memilih kepiting yang memiliki gigi capit yang sudah tumpul. Ujung batok juga harus keras untuk memastikan daging di dalamnya benar-benar padat.

Advertisement

Selain seafood, Candi Resto memiliki menu kukus andalan, yakni steamboat. Ada bermacam sayuran, ikan, dan daging yang ditawarkan dalam menu tersebut. Ada sawi putih dan hijau, daging ayam, daging sapi, udang dan kakap, kepiting, bakso ikan, dan telur dalam menu tersebut.

Steamboat juga menyajikan mi udang yang unik. Mi tersebut terbuat dari kombinasi tepung dan udang yang dibuat sendiri oleh resto. Juru masak di resto tersebut bakal langsung menampilkan memasak secara langsung di hadapan pelanggan.

Ada tiga kuah yang bisa dipilih pelanggan, yakni chicken, vegetable, dan fish. Steamboat ukuran sedang dijual seharga Rp300.000, sedangkan ukuran besar Rp500.000. Menu tersebut bisa dimakan bersama tiga hingga lima orang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif