Sport
Jumat, 4 Maret 2016 - 20:35 WIB

BANTUAN RIO HARYANTO : Pemkot Jogja Tolak Potong Gaji PNS Untuk Bantu Rio

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Walikota Jogja, Imam Priyono (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bantuan untuk Rio Haryanto dari pemotongan gaji PNS mendapatkan reaksi. Pemkot Jogja menolak rencana Menpora untuk memotong gaji PNS demi membantu Rio Haryanto.

 

Advertisement

 
Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja menolak tegas rencana Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, untuk memotong gaji PNS demi membantu pembalap Indonesia, Rio Haryanto, yang akan tampil di ajang F1 tahun ini.
Wakil Wali Kota Jogja, Imam Priyono, mengatakan bahwa gaji yang diterima PNS merupakan hak mereka dan tidak bisa dipotong secara sepihak.
“Itu gaji kan hak dari PNS, tidak bisa kita memotong begitu saja,” ujar Imam, Jumat (4/3/2016) dikutip dari laman Viva.
Menurutnya, pemotongan gaji PNS bisa dilakukan, atas keinginan sukarela mereka untuk menyumbang pada Rio agar bisa berlaga di F1 dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.
“Kita harus mendukung atlet Indonesia berlaga di dunia internasional. Namun caranya tidak langsung memotong hak dari PNS,” ungkapnya.
Untuk memotong gaji PNS, kata Imam, perlu payung hukum sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan. Dia mencontohkan kebijakan pemotongan gaji untuk dana pensiun, yang diatur lewat undang-undang agar setelah masa baktinya berakhir, PNS bisa mendapatkan manfaat dari pemotongan gaji tersebut.
Imam justru menghimbau masyarakat agar mau menyumbangkan kelebihan dananya secara sukarela, agar bisa menutupi kekurangan dana yang dibutuhkan Rio.
“Kita tinggal kampanye untuk penggalangan dana bagi Rio agar bisa tampil di F1, namun bukan PNS saja, seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.
Seperti diketahui, total keperluan dana keikutsertaan Rio dalam F1 sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp226 miliar. Sejauh ini, Pertamina telah menyediakan 5 juta euro, sehingga pemerintah harus menambal kekurangannya sebesar 10 juta euro.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif