Soloraya
Kamis, 3 Maret 2016 - 21:40 WIB

WISATA KARANGANYAR : Pemprov Jateng Gelontor Rp16,6 Miliar Buat Penataan Wisata Tawangmangu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kantor Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar (karangayarkab.go.id)

Wisata Karanganyar, Pemprov Jateng menganggarkan Rp16,6 miliar untuk penataan kawasan wisata Tawangmangu.

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengalokasikan anggaran sekitar Rp16,6 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 untuk penataan kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar.

Advertisement

Pemprov juga mengalokasikan anggaran Rp9,62 miliar untuk perbaikan jalan Lawu timur, mulai dari Persimpangan Bangjo Bejen hingga Cemoro Sewu, Tawangmangu. Dalam waktu tak lama lagi alokasi pekerjaan-pekerjaan itu dilaksanakan kontraktor.

Penjelasan tersebut disampaikan anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng yang membidangi infrastruktur, Hadi Santoso, seusai melihat langsung kondisi Tawangmangu. Dia adalah politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang maju Pileg lewat Dapil IV Jateng meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

“Tahun ini sudah ada alokasi untuk penataan kawasan wisata Tawangmangu, Rp11,6 miliar dan Rp5 miliar. Anggaran ini termasuk untuk penataan terminal dan Pasar Tawangmangu,” kata dia.

Advertisement

Selain menataan kawasan wisata, Pemprov Jateng ingin jalur menuju kawasan tersebut lancar dan mulus. Anggaran Rp9,62 miliar diharapkan mampu meningkatkan kondisi jalan Lawu. Salah satu yang jadi sasaran pembenahan saluran air di pinggir jalan.

“Terjadi banjir tahunan di jalan Lawu depan Pasar Wisata Tawangmangu, akibat luapan dari saluran air. Terjadi penyumbatan saluran di lokasi ini, saya sudah cek tadi. Persoalan ini harus menjadi prioritas sasaran pembenahan lingkungan pasar dan jalan,” imbuh dia.

Hadi mengaku pernah melihat video amatir di media sosial yang menunjukkan banjir di jalan Lawu di depan Pasar Tawangmangu. Di video tersebut terlihat arus luapan saluran air sangat deras. Bahkan ada sepeda motor milik warga yang terseret derasnya arus.

Advertisement

“Untuk mendorong Tawangmangu menjadi kawasan wisata unggulan, harus ada pembenahan berkesinambungan. Pemprov berkomitmen untuk itu. Soal saluran air, ada masukan dari warga perlunya pelebaran, seperti yang telah dilakukan di titik atas,” terang dia.

Hadi menerangkan tahun ini Pemprov berkomitmen mengembangan kawasan-kawasan wisata, dan wilayah perbatasan provinsi. Tawangmangu masuk sasaran lantaran merupakan kawasan wisata unggulan Jateng, dan berbatasan dengan Provinsi Jatim.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif