Jatim
Kamis, 3 Maret 2016 - 13:05 WIB

LONGSOR PACITAN : Sempat Tertutup Longsor, Jalur Ndegal Kini Bisa Dilewati

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi dari Polres Pacitan memantau kondisi di jalur Ndegal yang sempat tertutup material longsor. (polrespacitan.com)

Longsor Pacitan mengakibatkan jalur Ndagel yang menghubungkan Pacitan-Ponorogo tertutup.

Madiunpos.com, PACITAN — Jalur lalu lintas Pacitan hingga Ponorogo di Ndegal, Desa Ngreco, Tegalombo, Pacitan, yang sebelumnya tidak bisa dilewati karena tertutup longsoran tanah akhirnya sudah dibuka.

Advertisement

Pengguna jalan sudah bisa melewati jalur tersebut. Anggota Satlantas Polres Pacitan dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat telah membuka jalur longsor itu pada Selasa (1/3/2016).

Material tanah yang menutupi jalur tersebut diangkut menggunakan alat berat milik Dinas Bina Marga dan Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur.

Pembukaan jalur yang tertimbun longsoran tanah itu juga sempat membuat kemacetan lalu lintas. Sehingga petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup jalur baik yang hendak ke arah Ponorogo maupun ke Pacitan.

Advertisement

Kasat Sabhara Polres Pacitan, AKP Suprayogi, mengatakan longsor tersebut karena hujan deras yang mengguyur wilayah itu dan membuat material seperti bongkahan batu dan tanah longsor.

Akibatnya, material longsoran itu menutupi jalan tersebut dan membuat arus lalu lintas di jalur tersebut putus hingga enam jam. Suprayogi menyampaikan pada saat jalur tidak bisa dilewati, polisi mengalihkan jalur ke Ponorogo dan Wonogiri.

“Saat itu jalur kami alihkan lewat Wonogiri dengan memasang rambu di simpang empat penceng Kota Pacitan. Selain itu, sudah kami koordinasikan untuk mengalihkan arus lalu lintas dari Ponorogo,” kata Suprayogi yang dikutip Madiunpos.com dari laman polrespacitan.com, Kamis (3/3/2016).

Advertisement

Dia menyampaikan saat itu untuk kendaraan roda empat ke atas dengan tujuan Ponorogo dialihkan melalui Wonogiri-Purwantoro-Ponorogo. Sedangkan untuk kendaraan kecil bisa mengambil rute Tulakan-Kasihan-Tegalombo-Ponorogo.

Sementara, kendaraan yang menuju Trenggalek bisa melalui jalur lintas selatan (JLS). Sedangkan untuk kendaraan roda dua bisa menyisir ruas-ruas jalan pedesaan yang ada.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif