Teknologi
Kamis, 3 Maret 2016 - 14:30 WIB

HASIL PENELITIAN : Makan Segenggam Kacang Bisa Perpanjang Usia Hingga 2 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hasil penelitian mengungkap alasan makan kacang dapat memperpanjang usia.

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian mengungkap makan segenggam kacang atau sekitar 30 gram per hari ternyata dapat memperpanjang usia seseorang. Penelitian lain juga menemukan seseorang yang secara rutin mengonsumsi kacang terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker, gangguan pernapasan serta serangan jantung. Mengonsumsi dua genggam kacang bagi wanita bahkan memiliki khasiat yang sama dengan jogging selama empat jam.

Advertisement

Dilansir Dailymail pada Rabu (2/3/2016), peneliti dari Harvard University melakukan penelitian terhadap wanita yang memiliki resiko tinggi terhadap penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi selai kacang setiap pagi  memiliki resiko terkena penyakit jantung setengah lebih ringan dibanding mereka yang tidak makan selai kacang.

Selain itu, remaja perempuan yang rajin mengonsumsi kacang dapat terhindar dari resiko memiliki benjolan di payudara. Benjolan ini merupakan salah satu tanda seseorang terkena kanker payudara.

Di balik khasiat yang dimiliknya, sebagian beasar wanita scenderung khawatir saat akan mengonsumsi kacang. Hal ini timbul karena kacang dianggap dapat membuat seseorang lebih cepat gemuk. Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa kacang dapat membuat tubuh gemuk.

Advertisement

Orang yang makan segenggam kacang setiap hari justru cenderung mengalami penurunan berat badan.

Pernyataan ini didukung dengan teori yang menyatakan jika kacang merupakan bahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Kacang juga membuat seseorang lebih cepat merasa kenyang. Selain dua hal itu, kacang juga bermanfaat untuk meningkatkan metanolisme tubuh. Maka dari itu, saat mengonsumsi kacang secara otomatis Anda juga membakar lemak dalam tubuh.

Para peneliti menemukan jiak seseorang melaksanakan diet secara normal maka tubuhnya akan membakar sekitar 20 gram lemak. Namun, jika ia memasukkan kacang kenari dalm menu dietnya, maka tubuh akan membakar lebih banyak lemak yakni 31 gram. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif