Sport
Kamis, 3 Maret 2016 - 09:00 WIB

FINANCIAL FAIR PLAY : UEFA Hukum Galatasaray Tak Boleh Main di Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Financial Fair Play dilanggar oleh Galatasaray.

Solopos.com, SOLO – Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) menyatakan klub Turki, Galatsaray, telah melakukan pelanggaran financial fair play. Untuk itu, Galatasaray dihukum tak boleh berkompetisi di level Eropa.

Advertisement

Sebagamana yang dilansir Detik.com, Rabu (2/3/2016), UEFA telah mengeluarkan pernyataan bahwa Galatasaray menyalahi aturan Financial Fair Play, Januari 2016 lalu. Kini UEFA resmi menjatuhkan hukuman kepada mereka dengan larangan berkompetisi di Eropa selama satu tahun.

Galatasaray sendiri sudah tampil di level Eropa musim ini, tapi telah tersingkir. Pertama mereka berkompetisi di Liga Champions namun tak lolos ke fase knock-out lantaran finis di posisi ketiga. Mereka pun harus turun kasta ke Liga Europa.

Di Liga Europa, Galatasaray juga tersingkir. Menghadapi Lazio di babak 32 besar, tim polesan Mustafa Denizli itu takluk dengan agregat 4-2. Galatasaray bermain imbang 1-1 di leg pertama yang digelar di markas mereka, namun tunduk 1-3 di markas Lazio.

Advertisement

Financial Fair Play sendiri merupakan aturan yang ditetapkan UEFA agar klub-klub tidak membelanjakan uang untuk membeli pemain melebihi jumlah pendapatan. Itu dilakukan supaya klub-klub tidak mengalami masalah keuangan yang pada akhirnya akan mengancam kelangsungan klub.

Larangan berkompetisi di Eropa adalah hukuman terberat yang dijatuhkan. Sanksi lain yang bisa diterima klub adalah denda, penundaan pemberian hadiah uang, atau larangan transfer.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif