Entertainment
Rabu, 2 Maret 2016 - 20:25 WIB

PERTUNJUKAN MUSIK : Pure Saturday Siap Ramaikan Lokananta Live Session Volume 2

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung PN Lokananta di Jl A Yani, Kerten, Solo. Perusahaan ini pernah menjadi perusahaan produksi rekaman terbesar di Indonesia dan menyimpan banyak rekaman musik legendaris dan dokumentasi bersejarah lainnya. (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

Pertunjukan musik Lokananta Live Session Volume 2 bakal dimeriahkan Pure Saturday.

Solopos.com, SOLO – Kelompok musik papan atas yang juga pelopor band indie asal Bandung, Pure Saturday bakal memeriahkan Lokananta Live Session Volume 2 pada Minggu (6/3/2016) mendatang. Digagas lebih intim, Lokananta Live Session Volume 2 akan diselenggarakan di dalam studio rekaman Lokananta.

Advertisement

Jika sebelumnya Lokananta Live Session diselenggarakan di luar studio, panitia Lokananta Live Session, Fransiskus Tjandra berujar di kali keduanya ini acara akan dihadirkan secara khusus di dalam studio.

Sebelumnya, Kepala Cabang Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Cabang Surakarta, Miftah C. Zubir mengatakan studio yang digadang sebagai studio musik terbesar se-Asia Tenggara tersebut memiliki luas sekitar 23 meter x 15 meter dan tinggi sekitar 7 meter ini mampu menampung hingga 200 orang.

Pure Saturday, band indie yang lahir di era 1990an ini merupakan salah satu band fenomenal yang masih eksis dan terus berkarya. Sejumlah grup musik asal Inggris seperti The Cure, Ride, My Bloody Valentine, Wonder Stuff merupakan rentetan grup yang komposisi musiknya banyak menginspirasi mereka.

Advertisement

Band yang awalnya bernama Tambal Ban ini beralih nama menjadi Pure Saturday pada 1994. Album perdana mereka yang dipasarkan secara independen dengan mail order melalui sebuah majalah remaja di Jakarta laris manis diserbu ribuan penggemar.

Band yang digawangi Satria N.B. (Iyo) sebagai vokalis, Ade Purnama sebagai basis, dan Arief Hamdani sebagai gitaris ini kukuh bertahan di tengah pasang surut keanggotaan mereka. Seperti diketahui, vokalis pertama mereka, Muhammad Suar Nasution memutuskan hengkang pada 2004 lalu. Selanjutnya pada Januari 2015 lalu duo gitaris dan drummer mereka, Aditya Ardinugraha (Adi) dan Yudistira Ardinugraha (Udi) juga memutuskan keluar. Pure Saturday kini menyisakan 3 orang personel.

Dalam Lokananta Live Session Volume 2, rencananya mereka akan tampil full band dengan 2 orang additional player. Penggerak skena indiepop Kota Solo, Dimas Purnomo Fridbramantyo berujar kedatangan Pure Saturday ke Kota Solo kali ini sekaligus sebagai promosi single kedua mereka.

Advertisement

“Tanggal 5 mereka [Pure Saturday] main di Semarang, lalu tanggal 6 nya di Solo, promo single terbaru mereka,” ujar dia saat dihubungi Espos Selasa (1/3/2016).

Selain Pure Saturday, ada dua band alternative grunge dari Kota Solo yang akan menambah semarak perhelatan tersebut. Kedua band tersebut adalah band pendatang baru yang bernama The Scenester, dan salah satu band yang lama eksis di Kota Solo, Sporadic Bliss. Pada April 2013 lalu, Sporadic Bliss pernah tampil di Solo Noise Fest.

Tiket presale acara tersebut dilempar seharga Rp50.000. Panitia menyediakan hingga 200 lembar tiket. Lokananta Live Session Volume 2 ini akan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB-selesai. “Acara ini lebih awal mulainya, karena direncanakan maghrib sudah harus selesai,” ujar pemilik Alpha Omega Records yang juga panitia penyelenggara, Tamtomo Widhiandono atau yang lebih akrab disapa Dondiet.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif