Soloraya
Selasa, 1 Maret 2016 - 14:35 WIB

PERGURUAN TINGGI SOLO : Dorong Publikasi Internasional, FSRD UNS Gandeng Universiti Sains Malaysia

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus UNS. Kentingan, Solo (skypercity.com)

Perguruan tinggi Solo, UNS khususnya FSRD akan mendorong publikasi internasional dengan menjalin kerja sama dengan USM.

Solopos.com, SOLO-Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggandeng School of The Art Universiti Sains Malaysia (USM) dalam upaya mendorong peningkatan publikasi internasional. Kerja sama antarkedua universitas tersebut dituangkan dalam memorandum of agreement (MoA) yang ditandatangani kedua pihak di Omah Sinten Ngarsopuro, Solo, Selasa (1/3/2016).

Advertisement

Dalam kesempatan itu, FSRD UNS juga menggelar Pameran Seni Rupa di Galery FSRD UNS. Selain itu, diadakan pula Workshop Penerbitan Jurnal Terindeks Scopus di Omah Sinten tersebut.
Ditemui di sela-sela pameran, Selasa, Dekan FSRD UNS, Ahmad Adib, mengemukakan, kerja sama UNS dengan School of The Art USM yang segera direalisasikan adalah kerja sama untuk peningkatan mutu dan kuantitas penulisan jurnal terindeks scopus.

Terlebih karena FSRD yang tergolong sebagai fakultas baru di UNS tersebut, tahun akademik ini ditarget menghasilkan dua jurnal terindeks scopus.

Advertisement

Terlebih karena FSRD yang tergolong sebagai fakultas baru di UNS tersebut, tahun akademik ini ditarget menghasilkan dua jurnal terindeks scopus.

“Untuk target tersebut sudah tercapai. Namun kami berharap ke depannya bisa meningkatkan lagi, baik dalam hal mutu maupun kuantitasnya,” ungkap Adib.

Adib mengakui, dalam hal publikasi internasional melalui penulisan jurnal terindeks scopus tersebut, FSRD memiliki sisi kelemahan karena lebih banyak terkonsentrasi pada visual, belum ke penulisan. Sehingga dengan kerja sama tersebut, diharapkan ke depan, karya dosen maupun mahasiswa dalam penulisan jurnal terindeks scopus dapat ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Advertisement

Ke depan, kerja sama tersebut akan dikembangkan dengan mengadakan program pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen. Bahkan saat ini telah diwacanakan diadakannya program double degree di FSRD bekerja sama dengan USM tersebut.

Kerja sama lainnya, lanjut dia, yakni berupa penyelenggaraan pameran. Menurut Adib, rencana tersebut didukung dengan rencana pengembangan galery di FSRD UNS.

“Kami rencanakan penyelenggaraan pameran secara rutin, meskipun saat ini beberapa pameran yang sudah terlaksana juga sangat bagus.

Advertisement

Penyelenggaraan pameran tersebut, tambah Adib, sekaligus juga untuk komersialisasi hasil karya yang ada di FSRD, baik itu dari dosen maupun mahasiswa.

Sementara itu, menurut Dekan Faculty of Art USM, A. S. Hardy Shafii, melalui kerja sama tersebut, diharapkan baik dari UNS maupun USM, dapat saling berkontribusi positif.

“Baik dalam hal publikasi internasional maupun bentuk kerja sama lainnya, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di kedua universitas ini,” ujar Hardy.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif