News
Selasa, 1 Maret 2016 - 14:15 WIB

BEASISWA BIDIKMISI : Penerima Bidikmisi Harus Prioritaskan Kuliah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (bidikmisi.dikti.go.id)

Beasiswa Bidikmisi, mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi harus memprioritaskan kuliah.

Solopos.com, SOLO–Jumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang menerima beasiswa Program Bidikmisi hingga saat ini tercatat sebanyak 5.806 orang. Jumlah tersebut merupakan mahasiswa angkatan 2010 hingga angkatan 2015.

Advertisement

Melalui Sosialisasi dan Evaluasi Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2012 yang diadakan di Auditorium Kampus UNS Solo, Selasa (1/3/2016), para mahasiswa penerima beasiswa tersebut diingatkan untuk tetap mengutamakan kuliahnya dan merampungkan masa studi tepat waktu.

Menurut Lukman Hakim, yang mewakili Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS dalam sosialisasi tersebut, dari 5.806 mahasiswa penerima beasiswa Program Bidikmisi, yang belum lulus tercatat 5.190 mahasiswa dan yang masih dibiayai tercatat 4.913 mahasiswa.

Khusus untuk angkatan 2012, yang sudah lulus tercatat ada 87 mahasiswa dan sisanya 933 mahasiswa, belum lulus. Dari 933 mahasiswa tersebut berasal dari Program Sarjana Strata 1 (S1) sebanyak 927 orang dan dari Program Diploma 3 (D3) sebanyak enam orang.

Advertisement

Jika dari fakultas, jumlah tersebut terperinci dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ada 358 mahasiswa, Fakultas Pertanian (FP) 171 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 94 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 53 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) 61 mahasiswa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 88 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 41 mahasiswa, Fakultas Hukum (FH) 24 mahasiswa, Fakultas Kedokteran (FK) 22 mahasiswa, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) 21 mahasiswa. Di antara mahasiswa penerima beasiswa tersebut, yang lulus tercepat adalah Dicky Saputra dari Fakultas Pertanian, dengan lama studi 3 tahun 3 bulan dengan IPK 3,83.

Sesuai ketentuannya, lanjut dia, bantuan beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Program Sarjana S1 dan Program Diploma 4 (D4) hanya delapan semester. “Kecuali untuk Program S1 Kedokteran bisa 10 semester. Sedangkan untuk D3, beasiswa hanya diberikan enam semester,” terangnya.

Melalui sosialisasi itu pula, pihak UNS juga mengevaluasi capaian hasil studi mahasiswa penerima beasiswa Program Bidikmisi dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasinya agar segera bisa menyelesaikan studinya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif