Lukman Sardi (Liputan6.com) Lukman Sardi (Liputan6.com)
Minggu, 28 Februari 2016 12:30 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Liputan6 Gadget Share :

TIPS FOTOGRAFI
Begini Cara Hasilkan Foto Pakai Kamera Smartphone Versi Lukman Sardi

Tips fotografi kali ini mengulas cara menghasilkan foto dengan kamera smartphone ala Lukman Sardi.

Solopos.com, BARCELONA — Menghasilkan foto detail dan bagus tidak harus menggunakan kamera profesional. Apabila angle dan pengaturannya tepat, Anda dapat menggunakan kamera smartphone untuk memperolah gambar yang diharapkan, bahkan layaknya menggunakan kamera profesional.

Anda terlebih dulu harus mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera smartphone dengan baik dan benar. Aktor senior Lukman Sardi memberikan beberapa tips fotografi sederhana untuk membidik foto dari kamera smartphone.

“Saat memotret, hal yang paling utama adalah mata kita. Mata akan mengimplementasikan gambar atau objek yang akan dibidik,” kata Lukman seperti dilansir Liputan6.comm, Sabtu (27/2/2016) di La Consentida Restaurant, Barcelona, Spanyol.

Pria yang hobi memotret lewat kamera smartphone ini menambahkan setelah mata, hal kedua baru didukung dengan gear atau perangkat kamera yang baik.

“Untuk mengabadikan berbagai momen, gue lebih suka memotret pakai kamera smartphone karena enggak ribet dan bisa membidik foto kapan saja dan di mana saja tanpa kehilangan momen berharga,” ujar pria kelahiran Jakarta, 14 Juli 1971 itu.

Ia mencontohkan sebuah tatanan meja dan kursi di La Consentida Restaurant dengan hiasan lampu besar di atasnya. Kebetulan, saat itu objek tersebut berada di depannya ketika kami sedang menikmati santap siang.

“Asal komposisinya pas, objek meja dan kursi yang hanya dihiasi sebuah lampu besar, bisa menjadi sebuah foto yang dramatis,” tambah ayah tiga anak tersebut.

Untuk diketahui, di akun Instagram miliknya @lukmansrd, suami dari Precillia Pulunggono itu aktif mem-posting karya foto-fotonya yang dibidik dari kamera smartphone. Terbaru adalah foto landscape dengan caption “PEOPLE”.

Lukman Sardi adalah pengguna Samsung Galaxy S6. Ia mengaku sangat puas dengan foto yang dihasilkan dari kamera tersebut. Salah satu foto mengagumkan yang ia posting di Instagram tanpa filter adalah foto dengan caption “My morning view` enjoy life,enjoy my works and enjoy my smartphone… unedited one.. makin penasaran dengan what happen next.”

Lukman Sardi adalah satu-satunya aktor Indonesia yang diundang secara eksklusif oleh Samsung untuk hadir di acara peluncuran Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge (Samsung Galaxy Unpacked 2016) di CCIB Exhibition Centre (Centre de Convencions Internacional de Barcelona), Spanyol, Minggu malam (21/2/2016) waktu setempat.

“Kalau buat gue sendiri, fitur yang paling utama pada smartphone adalah kameranya. Selain buat hobi, kamera di smartphone juga berguna dalam pekerjaan gue. Dan gue paling tertarik dengan fitur Dual Pixel yang ada di kamera Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge,” terangnya.

“Gue selalu mencari momen apa saja, di mana saja dan kapan saja. Setiap momen yang gue lihat akan gue foto. Itu memang yang selalu terjadi di diri gue sebagai pengguna Samsung Galaxy S6. Apa pun itu, momen nggak bakal bisa terulang lagi. Itu sangat penting dan harus gue tangkap saat itu juga. Galaxy Galaxy S7 adalah beyond expectation gue,” sambung putra dari pemusik biola legendaris Idris Sardi ini dengan antusias.

Berikut ini fitur kamera smartphone terbaru Samsung Galaxy S7 Edge dan Galaxy S7:

-Dual Piksel

Kemampuan sensor kamera Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge telah disokong teknologi Dual Piksel, yang menjadikannya smartphone pertama yang menggunakan teknologi tersebut.

Dual Piksel diklaim memiliki kemampuan 100% phase detection piksel. Dengan demikian, kamera Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge mampu menangkap fokus pada objek dengan jauh lebih cepat. Bukan itu saja, kamera Samsung Galaxy S7 juga sanggup menghasilkan gambar dengan baik dalam kondisi kurang cahaya.

Samsung menyebutkan, teknologi ini hanya ada pada kamera DSLR dan kali pertama disematkan pada smartphone. Apabila diibaratkan mata manusia, teknologi Dual Piksel memungkinkan mata kanan dan kiri mampu melihat dua objek berbeda dengan fokus yang sama.

-Low Light Condition

Kini pengguna Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge tak perlu takut mengambil foto di tempat yang minim kondisi cahaya. Sebab, kamera dua smartphone Korsel itu mampu mengambil foto dalam keadaan minim cahaya, bahkan di titik paling rendah sekali pun.

Komponen sensor lowlight kamera Galaxy S7 dan S7 Edge ini memiliki resolusi 1,4um piksel dan meningkat 56% dari Samsung Galaxy S6 dan tingkat aperture f1.7 mampu meningkatkan pencahayaan sebanyak 25%.

-Motion Panorama

Fitur fotografi unggulan lainnya adalah Motion Panorama. Fitur ini dapat menambahkan efek dinamis pada foto panorama tradisional serta memberikan pengguna pengalaman visual terbaik dalam menggunakan kamera Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

-Senjata Selfie Terbaik

Samsung tak lupa mengemas kamera depannya sebaik kualitas kamera utamanya. Kamera depan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge mampu mengambil foto selfie dalam keadaan lowlight dan menghadirkan fitur Selfie Flash dengan kadar pencahayaan yang diinginkan. Selain itu, Samsung juga menghadirkan fitur Beauty Shot yang bisa menyulap foto selfie lebih cantik dan terang.

lowongan pekerjaan
PT BACH MULTI GLOBAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…