News
Kamis, 25 Februari 2016 - 14:40 WIB

PRAKIRAAN CUACA : BMKG: Ini Daerah Berpotensi Hujan Lebat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan (wallconvert.com)

Prakiraan cuaca, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan.

Solopos.com, JAKARTA–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada adanya potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan di sejumlah wilayah Indonesia.

Advertisement

“Perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (25/2/2016).

Dia menyebutkan sejumlah wilayah lainnya yang juga berpotensi hujan lebat hingga tiga hari ke depan yaitu Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut dia menjelaskan potensi terjadinya hujan lebat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain masih aktifnya monsoon dingin Asia dan adanya tekanan rendah di utara Austalia.

Advertisement

Faktor tersebut yang mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa lokasi di Indonesia termasuk wilayah Utara Jakarta.

“Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah dataran tinggi untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor,” katanya.

Serta daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif