Jogja
Senin, 22 Februari 2016 - 03:20 WIB

KESEHATAN ANAK : Orang Tua Tak Suka Sayur & Buah, Anak Rentan Obesitas

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anak obesitas (Thinkstock)

Kesehatan anak berupa berat badan perlu diperhatikan.

Harianjogja.com, KULONPROGO– Meski belum memasuki angka mengkhawatirkan, obesitas di kalangan anak bawah lima tahun (balita) harus diwaspadai. Dikhawatirkan kegemukan berlebihan akan mempengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan anak tersebut di masa mendatang.

Advertisement

Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Andri Susilaningdyah menyatakan angka obesitas balita di Kulonprogo masih berada di bawah 5%. Meski masih di batas aman, ia menjelaskan masih terus dilakukan berbagai program untuk menekan angka ini.

Obesitas pada balita dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan si anak di masa mendatang, khususnya penyakit tidak menular.

Advertisement

Obesitas pada balita dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan si anak di masa mendatang, khususnya penyakit tidak menular.

“Bisa saja diabetes melitus [DM], jantung, darah tinggi, dll,” ujarnya pada Harianjogja.com, Minggu (21/2/2016).

Terlebih lagi, usia balita merupakan masa keemasan di mana tumbuh kembang anak berpengaruh di kehidupannya mendatang.

Advertisement

Saat ini masyarakat umum masih memiliki pola konsumsi sayur dan buah yang rendah. Hal inilah yang kemudian ditularkan oleh orang tua kepada si anak. Selain itu, banyaknya jenis makanan manis dan junk food yang dikonsumsi oleh balita juga menjadi faktor pemicu obesitas.

Ia juga memaparkan pola hidup modern berpengaruh terhadap obesitas pada balita. Hal yang dimaksud adalah minimnya aktivitas fisik pada si balita sehingga asupan makanan yang masuk tidak diproses.

“Sekarang kan anak jarang main ke luar, lebih banyak yang ngegame di rumah,”kata Andri.

Advertisement

Selama ini pemantauan yang dilakukan oleh Dinkes Kulonprogo dilakukan melalui puskesmas-puskemas. Sedangkan untuk pendidikan akan pola makan dan aktivitas balita disosialisasikan oleh petugas di lapangan.

Berdasarkan data dari Dinkes Kulonprogo, tingkat obesitas pada tahun 2015 di Kulonprogo berkisar 4,54% dari 20.791 balita. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 4,95%.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayujati menyatakan bahwa obesitas termasuk dalam kategori gizi berlebih dan sebagaimana gizi buruk juga berefek buruk terhadap kesehatan. Meski demikian, masyarakat pada umumnya memiliki pandangan bahwa balita yang lucu merupakan balita yang sehat.

Advertisement

“Jika anaknya gendut dianggap lucu,” jelasnya. Padahal, pemahaman demikian bisa berakibat buruk bagi pola makan dan berefek kepada kesehatannya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif