Sport
Sabtu, 20 Februari 2016 - 11:30 WIB

MOTO GP 2016 : Marquez Kuasai Tes Hari Terakhir

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Marc Marquez (JIBI/dok)

Moto GP 2016 lebih dulu diwarnai dengan tes pramusim.

Solopos.com, PHILLIP ISLAND – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menutup tes pramusim di Phillip Island, Australia, Jumat (19/2/2016), dengan hasil gemilang. Marquez mencatatkan waktu tercepat satu menit 29,158 detik dalam tes pramusim hari terakhir yang diwarnai insiden terjatuhnya 11 pembalap dan sempat dihentikan karena hujan.

Advertisement

Lain dengan tes pada dua hari pertama yang dimulai dengan lintasan basah, tes pramusim terakhir justru diawali dengan cuaca cerah. Namun, hujan lebat mengguyur lintasan pada Jumat siang sehingga tes harus dihentikan sekitar dua jam hingga lintasan kembali kering.

Kondisi lintasan yang sulit juga membuat 11 pembalap terjatuh, yakni Tito Rabat, Jack Milner, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Bradley Smith, Cal Cruthlow, Eugene Laverty, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. Tito Rabat dan Aleix Espargaro bahkan dua kali terjatuh di tes pramusim kali ini. Sebagian besar pembalap tergelincir saat melintasi Turn 4.

Kendati demikian, hanya Petrucci yang menderita cedera serius akibat insiden jatuhnya para pembalap di tes hari terakhir. Pembalap Pramac Ducati itu mengalami patah tangan sehingga harus berjuang pulih sebelum tes pramusim berikutnya di Qatar, 2-4 Maret 2016 nanti. Di tes pramusim kali ini, Marquez bersaing sengit dengan pembalap Suzuki, Maverick Vinales, sejak awal balapan.

Advertisement

Setelah tampil sebagai pembalap tercepat di tes pramusim hari kedua, Kamis (18/2/2016), Vinales kembali menorehkan performa memukau di hari terakhir. Dia sempat kembali berada di urutan terdepan saat dua pembalap Marc VDS, Rabat dan Milner, terjatuh pada lap yang sama. Vinales juga nyaris terjatuh saat melintas di antara Turn 6 dan Turn 7 pada Jumat pagi, saat rekan satu timnya, Aleix Espargaro dan pembalap Tech3 Yamaha, Pol Espargaro, terlibat kecelakan di Turn 2.

Akan tetapi, Vinales tetap berhasil finis di urutan kedua dan hanya berjarak 0,141 detik dari Marquez. Sementara itu, duo pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, tidak berhasil meraih hasil memuaskan. Rossi finis di urutan kelima dengan jarak 0,277 detik dari Marquez, sedangkan Lorenzo tercecer di peringkat kesembilan.

Rossi dan Lorenzo menjajal versi terbaru dari motor M1 dengan desain lebih radikal, sasis berbeda, dan  tangki bahan bakar di belakang kursi. Namun, Rossi kurang senang dengan desain motor baru diciptakan untuk mengumpulkan data demi penyesuaian dengan ban anyar Michelin. Dia memilih membalap menggunakan motor standar Yamaha seperti yang dia tunggangi musim lalu.

Advertisement

“Saya memilih motor 2015 karena saya lebih cepat. Saat saya mengendarai motor itu saya merasa lebih baik, khususnya pada bagian depan. Dengan motor 2016, saya lebih mengalami masalah saat memasuki tikungan. Saya tidak melaju cukup jauh dengannya, saya merasa lebih lambat. Jadi saya rasa uji coba ini selesai. Kami akan balapan dengan motor yang lebih menyerupai musim 2015,” ujar Rossi, dilansir Crash.net, Jumat.

Hasil Tes MotoGP Phillip Island, Jumat (19/2), yang dikutip dari Crash.net.
1. Marc Marquez, Repsol Honda, 1 menit 29,158 detik
2. Maverick Vinales, Suzuki Ecstar, +0,141 detik
3. Cal Crutchlow, LCR Honda, +0,190 detik
4. Hector Barbera, Avintia Racing, +0,203 detik
5. Valentino Rossi, Movistar Yamaha, +0,277 detik
6. Loris Baz, Avintia Racing, +0,425 detik
7. Dani Pedrosa, Repsol Honda, +0,448 detik
8. Pol Espargaro, Monster Yamaha, +0,560 detik
9. Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha, +0,602 detik
10. Andrea Dovizioso, Ducati, +0,702 detik

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif