Lifestyle
Kamis, 18 Februari 2016 - 07:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini 5 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Buah Zaitun (Medolico.com)

Tips kesehatan ini mengulas lima manfaat buah zaitun bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO — Buah zaitun merupakan buah yang digunakan sebagai bahan dasar dalam beberapa makanan. Selain memiliki banyak jenis, ternyata buah ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Rabu (17/2/2016), berikut ini ulasan lima manfaat yang dimiliki buah zaitun.

Melindungi Jantung
Buah zaitun bersifar antioksidan. Zat ini berperan untuk melindungi sel tubuh dari zat-zat berbahaya. Selain itu, antioksidan juga dapat menetralkan radikal bebas. Untuk itulah, buah zaitun dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung seseorang.

Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam buah zaitun juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Advertisement

Mencegah Kanker
Buah zaitun dapat menurunkan risiko penyakit kanker dalam tubuh. Buah ini memproduksi zat antioksidan dan nutrisi antiinflamasi. Kedua senyawa ini dapat berfungsi untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Menurunkan Berat Badan
Buah zaitun dipercaya dapat menurunkan berat badan seseorang. Hal ini terjadi karena buah ini mengandung asam lemak tak jenuh. Berdasarkan penelitian para ahli, zat yang terkandung dalam buah zaitun dapat memperlancar proses diet.

Melancarkan Pencernaan
Asam maslinic dan senyawa triterpenoid yang terdapat dalam kulit buah zaitun berfungsi untuk melawan sel kanker. Selain itu, asam ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

Advertisement

Buah zaitun juga merupakan sumber serat yang baik. Oleh sebab itu, buah ini dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Mencegah Anemia
Buah zaitun kaya akan zat besi. Zat besi merupakan zat yang berperan penting dalam proses peredaran darah. Untuk itu, buah zaitun berperan penting untuk mencegah anemia. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif