Jateng
Senin, 15 Februari 2016 - 06:50 WIB

PENDIDIKAN MAGELANG : Ini Para Siswa Terbaik Uji Coba UAS-BN Tingkat SD

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SD ujian (Dok/JIBI/Solopos)

Pendidikan Magelang dalam menghadapi UAS-BN tingkat SD dengan menggelar try out.

Semarangpos.com, MAGELANG – Sebanyak 263 siswa berbagai sekolah dasar di Muntilan, Kabupaten Magelang, mengikuti uji coba Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional yang diselenggarakan kerja sama antara SMP Marganingsih Muntilan dengan Lembaga Pendidikan Primagama.

Advertisement

“Peserta ‘try out’ UAS-BN terutama berasal dari berbagai sekolah negeri maupun swasta di Muntilan ini,” kata Kepala SMP Marganingsih Muntilan Suster Agnetine OSF di Muntilan, Minggu (14/2/2016).

Mata pelajaran yang menjadi bahan uji coba ujian tersebut, antara lain Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan ujian yang sesungguhnya rencananya pada Mei 2016.

Ia menjelaskan tentang pentingnya uji coba tersebut untuk mengetahui sejauh mana kesiapan para siswa kelas VI SD tersebut hingga saat ini, baik secara mandiri maupun yang dilakukan oleh setiap sekolah.

Advertisement

“Supaya mendorong anak-anak untuk meningkatkan persiapannya untuk menjalani ujian mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan peserta uji coba boleh membawa soal-soal ujian untuk bahan pelajaran di rumah masing-masing.

Pihak Primagama, ujarnya, pada kesempatan setelah uji coba juga memberikan penjelasan secara singkat tentang berbagai cara mengerjakan soal-soal tes yang dipandang sulit dilakukan oleh peserta uji coba.

Advertisement

Ia mengatakan uji coba ujian tersebut juga menjadi promosi pihak pengelola SMP swasta itu kepada masyarakat luas, khususnya di Muntilan dan sekitarnya. Muntilan menjadi kota terbesar di antara 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

Para siswa sekolah tersebut juga menyuguhkan berbagai pementasan kesenian, seperti band, tari modern dan tradisional, karawitan, musik akustik, dan vokal grup. Mereka juga menyediakan sejumlah suvenir yang merupakan karya kreatif siswa sekolah tersebut.

Sebanyak enam peserta terpilih sebagai terbaik dalam uji coba tersebut dan selanjutnya mendapatkan tanda penghargaan, yakni juara pertama Nikolas Widodo (SD Marsudirini), kedua Arif Putra Pratama (SD Negeri Muntilan), juara ketiga Maria Regina Celia (SD Marsudirini), harapan pertama Rhenald Tanujaya (SD Negeri Muntilan), harapan kedua Farah Nur Azzizah (SD Negeri Muntilan), dan harapan ketiga Cristian Gunarto (SD Marsudirini).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif