Teknologi
Minggu, 14 Februari 2016 - 04:00 WIB

TIPS POWERBANK : Begini Cara Bedakan Powerbank Asli dan Palsu

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Powerbank terbaru Xiaomi. (Istimewa/Weibo)

Tips powerbank kali ini mengulas cara membedakan yang asli dan palsu.

Solopos.com, SOLO — Di tengah maraknya industri smartphone, powerbank menjadi salah satu aksesoris yang dibutuhkan pengguna. Hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran, powerbank palsu juga ikut dijual bebas dan mengecewakan penggunanya.

Advertisement

Powerbank palsu mengecewakan karena isinya biasanya tidak sesuai dengan labelnya. Padahal, kapasitas baterai tertentu sudah diperhitungkan calon pembeli untuk cadangan baterai perangkatnya.

Lalu bagaimana membedakan powerbank yang asli dan palsu? Menurut Phone Arena, kebanyakan powerbank yang tersedia saat ini berisi 2.000-10.000 mAh. Bentuk dan ukuran serta harganya tentu bergantung pada isi kapasitas.

Model terbesar yang ada di pasaran berisi 50.000-100.000 mAh dan harganya cukup fantastis. Namun, beberapa merek powerbank seperti OnePlus, Aukey dan merek yang terjual di Amazon memang dijual dengan harga miring meski kapasitasnya cukup besar.

Advertisement

Apabila Anda menemukan powerbank dengan kapasitas lebih dari itu besarnya, maka kemungkinan besar powerbank tersebut palsu. Faktanya, jika powerbank 100.000 mAh benar-benar ada, maka dia akan berukuran sebesar satu tas punggung.

Tempat yang mudah untuk menemukan adalah di eBay atau marketplace. Mereka biasanya dijual tanpa merek dan harganya tidak masuk akal. Untuk itu, riset terlebih dahulu powerbank yang akan Anda beli sebelum melakukan transaksi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif