Otomotif
Minggu, 14 Februari 2016 - 21:15 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Coba Tebak, Ini Yamaha Vixion atau R15?

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha R15S. (Indianautosblog.com)

Sepeda motor Yamaha gabungan Vixion dan R15 meluncur di India.

Solopos.com, NEW DELHI – Yamaha India baru saja merilis sepeda motor sport 150 cc terbaru. Tetapi bentuknya seperti gabungan antara Yamaha R15 dengan Vixion. Kira-kira motor apa ya?

Advertisement

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Minggu (13/2/2016), sepeda motor Yamaha yang diluncurkan dalam pameran otomotif India Auto Expo 2016 itu ternyata bukan Vixion modifikasi, melainkan kuda besi baru bernama R15S.

Menurut Yamaha, R15S nyaris tak ada bedanya dengan R15 yang saat ini beredar. Mulai dari fairing, lampu depan, roda, tangki, setang, hingga spidometer semuanya sama persis.

Perbedaan paling kentara dapat dilihat pada desain jok. Pada R15, joknya dibuat sporty dengan bentuk terpisah (split seat). Tetapi pada R15S, joknya menggunakan model sambung (single seat) dan memang dicomot dari Vixion.

Advertisement

Alasan dihadirkannya R15S adalah untuk memberi pilihan lebih beragam. Sebab tidak semua konsumen R15 menyukai jok split seat lantaran posisinya yang terlalu menungging dan kurang nyaman untuk berboncengan.

Akibat penggunaan jok yang lebih kalem, lampu Yamaha R15 yang semula desainnya agresif dan dilengkapi LED harus mendapat penyesuaian. Bagian tersebut diganti dengan lampu belakang Vixion model 2010 dan masih menggunakan bohlam.

Kendati demikian, jantung pacu R15S tidak berubah dari R15. Mesin yang digunakan tetap SOHC 149,8 cc bertenaga 17 hp dengan torsi 15 Nm. Sedangkan transmisinya tetap model manual enam percepatan.

Advertisement

Di India, sepeda motor Yamaha R15S dijual dalam pilihan warna merah, hijau, dan putih. Sedangkan harganya dipatok di angka 1,15 Lakh atau sekitar Rp22 jutaan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif