Jateng
Minggu, 14 Februari 2016 - 14:50 WIB

PELANTIKAN KEPALA DAERAH : Selama Pelantikan Kepala Daerah, Simpang Lima Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan kepala daerah (JIBI/Solopos/Dok.)

Pelantikan kepala daerah terpilih di Jawa Tengah (Jateng) akan dilangsungkan di Simpang Lima, Semarang, 17 Februari 2016 nanti.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, akan digunakan sebagai tempat pelaksaanaan pelantikan serentak para kepala daerah terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2015 pada Rabu (17/2/2016) nanti. Demi lancarnya acara, Kepolisian Resort Kota Besar Semarang (Polrestabes) Semarang pun akan menutup kawasan yang selama ini menjadi landmark Kota Lunpia itu.

Advertisement

“Kawasan Simpang Lima akan disterilkan saat pelaksanaan pelantikan itu,” ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin, Minggu (14/2/2016).

Meski demikian, Burhanudin mengaku belum bisa memastikan berapa lama proses sterilisasi Simpang Lima itu dilakukan. Ia mengaku lamanya penutupan masih tentatif dan sesuai dengan kebutuhan acara.

“Sewaktu-waktu bisa berubah. Kalau diperlukan sejak pagi sudah langsung ditutup,” tambahnya.

Advertisement

Adapun berkaitan dengan pengamanan pelantikan, lanjut dia, akan melibatkan seluruh unsur. Bahkan, kata dia, polres dari masing-masing asal kepala daerah terpilih juga akan dilibatkan.

“Petugas dari tiap-tiap polres tentu melakukan pengawalan saat perjalanan dari daerah asalnya. Waktu masuk ke Semarang tentu berkoordinasi dengan kami,” katanya.

Pelantikan kepala daerah terpilih ini rencana dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Dari 21 kepala daerah baru, 17 di antaranya akan dilantik secara serentak pada Rabu nanti.

Advertisement

Sementara sisanya, empat kepala daerah terpilih, akan dilantik secara terpisah karena masa jabatan kepala daerah yang digantikan baru berakhir setelah Februari nanti. Keempat daerah itu, yakni Kabupaten Pekalongan, Grobogan, Demak, dan Sragen.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif