Sport
Sabtu, 13 Februari 2016 - 16:30 WIB

PIALA BUNG KARNO : Jadwal Padat, Turnamen Diundur Maret

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - F.X. Hadi Rudyatmo (JIBI/Solopos/Dok)

Piala Bung Karno bakal diundur.

Solopos.com, SOLO — Penyelenggaraan turnamen Piala Bung Karno 2016 yang sedianya bergulir akhir Februari 2016 kemungkinan besar diundur hingga Maret 2016. Hal ini tak lepas dari banyaknya ajang serupa yang digelar di sejumlah tempat di Tanah Air, mulai dari Piala Gubernur Kalimantan Timur, Piala Wali Kota Padang, dan Piala Bhayangkara.

Advertisement

Rencananya Solo jadi salah satu tuan rumah bersama tiga kota lain, yakni Jakarta, Surabaya, dan Jogja. Salah satu penggagas Piala Bung Karno, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan ajang ini digelar demi mengusung semangat sepak bola perserikatan dulu. Menurutnya, pengunduran pelaksanaan turnamen ini agar lebih matang.

“Ya memang diundur pelaksanaannya biar persiapan lebih matang. Mulai dari tim peserta hingga terkait teknis seperti jadwal pertandingan,” papar Rudy saat ditemui wartawan, Jumat (12/2/2016).

Rudy yang merupakan Wali Kota Solo terpilih ini menambahkan Solo sebagai salah satu peserta sekaligus tuan rumah, terkait tim merupakan wewenang Asosiasi Kota PSSI Solo. Mereka lah yang akan menentukan tim yang bakal ikut dalam hal ini kemungkinan besar adalah Persis Solo.

Advertisement

Bisa jadi Laskar Sambernyawa, julukan Persis, akan turun dalam turnamen ini setelah mereka bermain di ajang Piala Wali Kota Padang 2016 yang bergulir 26 Februari 2016 mendatang. Sedangkan soal materi pemain juga jadi tugas manajemen untuk memutuskan. Namun demikian, ini belum dibahas mengingat Persis fokus ke Padang.

Di satu sisi ajang ini bakal diramaikan sejumlah tim besar. Meskipun demikian, Solo optimistis bisa berbicara banyak walau mengandalkan sebagian besar pemain lokal.

“Nanti Askot yang akan menentukan soal tim, pelatih, dan pemain. Materi pemain Persis kita juga bagus. Tak masalah kalau nanti berjumpa tim-tim besar,” imbuh Rudy.

Advertisement

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Solo, Paulus Haryoto, mengaku belum diberitahu secara resmi terkait pelaksanaan turnamen Piala Bung Karno 2016. Terlebih Solo bakal dijadikan tuan rumah.

“Askot belum mendapat pemberitahuan resmi. Kami terbuka saja untuk berkoordinasi dengan segala bentuk turnamen, tapi memang lebih baik kulanuwun terlebih dulu dengan kami sebelum melangkah lebih jauh,” jelas Paulus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif