Soloraya
Sabtu, 13 Februari 2016 - 12:15 WIB

PENGELOLAAN SAMPAH KLATEN : Gemampir Siap Tampung Sampah Warga Klaten

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan lokasi pembuangan sampah di TPA Joho, Kecamatan Prambanan, Selasa (24/2/2015). Sejak Minggu (22/2/2015), pembuangan sampah ke lokasi itu dihentikan lantaran diprotes warga. (Taufiq Sidik Prakoso /JIBI/Solopos)

Pengelolaan sampah Klaten ini terkait Desa Gemampir yang siap menampung sampah.

Solopos.com, KLATEN –Desa Gemampir Kecamatan Karangnongko siap dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) dalam waktu dekat. Di lokasi ini, sudah disiapkan lahan sekitar empat hektare guna menampung sampah di Klaten.

Advertisement

Hal itu disampaikan Camat Karangnongko, Joko Supriyanto, saat ditemui wartawan di kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Jumat (12/2/2016). Desa Gemampir dilirik sebagai calon TPA alternatif menyusul kondisi TPA Joho Kecamatan Prambanan yang diprediksi sudah penuh dalam 3-5 bulan ke depan.

“Di Gemampir itu memang kondisinya tandus dan tidak produktif. Lokasinya, relatif jauh dari permukiman warga. Pada dasarnya, sudah siap [digunakan TPA alternatif]. Sampai sekarang, kami menunggu payung hukumnya terlebih dahulu,” kata dia.

Joko Supriyanto mengatakan rencana penggunaan Gemampir sebagai TPA alternatif juga disambut baik warga. Hal itu dibuktikan dengan belum adanya gejolak di tengah warga.

Advertisement

“Hingga sekarang belum ada laporan tentang penolakan. TPA di Gemampir ini kan juga untuk sementara. Soalnya, TPA Troketon belum dapat dimaksimalkan. Sementara, TPA Joho juga segera penuh,” kata Joko.

Sebelumnya, Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Klaten, M. Anwar Shodiq, mengatakan TPA Joho di Prambanan yang memiliki luas kurang dari satu hektare diprediksi mengalami overload mulai pertengahan tahun 2016.

Volume sampah di Klaten yang didominasi sampah rumah tangga (RT) mencapai 170 ton per hari. Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten sudah mencari lahan di kawasan Gemampir.

Advertisement

“TPA Gemampir itu hanya bersifat sementara [untuk 2-3 tahun ke depan]. Di Gemampir, kami menyewa lahan milik warga di sana [saat ini sedang proses perizinan]. Di saat bersamaan, kami menyiapkan TPA di Troketon Kecamatan Pedan. TPA Troketon itu yang kami proyeksikan sebagai TPA jangka panjang,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif