Teknologi
Jumat, 12 Februari 2016 - 13:40 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Roket Terbesar Long March 5 Siap Jelajahi Luar Angkasa

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Long March 5 (Youtube)

Teknologi terbaru roket milik Tiongkok siap mengudara.

Solopos.com, SOLO — Tiongkok siap meluncurkan teknologi terbaru roket terbesar ke luar angkasa tahun ini. Roket bernama Long March 5 itu akan menjelajahi luar angkasa September 2016.

Advertisement

Sebagaimana dilansir Techtimes dan Reuters, Kamis (11/2/2016),teknologi terbaru Roket Long March 5 (LM 5) dibuat untuk mendukung Tiongkok menjelajahi luar angkasa di masa depan.

Secara resmi, pihak Tiongkok yang memproduksi secara massal LM 5 ini mengatakan teknologi terbaru roket tersebut siap meluncur September mendatang setelah melakukan serangkaian tes dan percobaan secara mendetail.

Advertisement

Secara resmi, pihak Tiongkok yang memproduksi secara massal LM 5 ini mengatakan teknologi terbaru roket tersebut siap meluncur September mendatang setelah melakukan serangkaian tes dan percobaan secara mendetail.

Teknologi terbaru LM 5 adalah roket buatan Tiongkok yang terbesar, pasalnya roket LM 5 ini tingginya mendapai 57 meter dan berdiameter 5 meter.

Tiongkok yang saat ini bisa dikatakan sebagai negara yang sangat maju dan modern dalam bidang pembuatan roket, menciptakan LM 5 dengan tidak menggunakan bahan-bahan beracun dan ramah lingkungan.

Advertisement

Roket ini nanti membawa 800.000 liter bahan bakar, yang nantinya 25.000 liter sebagai pendorong di bagain low Earth orbit (LEO) atau orbit Bumi rendah yang berkisar antara 200-1200 km dari permukaan Bumi.

Setelahnya, teknologi terbaru LM 5 akan mengonsumsi 14.000 liter untuk pendorong di bagian orbit Geosinkron yang berada di ketinggian 42.000 Km. Roket kami juga bersaing dengan roket buatan Amerika Serikat Delta IV dan Atlas V.

Ada lebih dari 300 pekerja yang bekerja selama 24 jam untuk memastikan teknologi terbaru roket LM 5  lulus ketentuan standar minimal yang ditetapkan oleh Badan Antariksa Tiongkok.

Advertisement

Setelah melalui tes standarisasi tersebut, hasilnya akan dibuat untuk meningkatkan kualitas teknologi dari LM 5. Pemberian teknologi yang lebih modern dikerjakan oleh Tianjin Long March Launch Vehicle Manufacturing, selaku perusahaan yang khusus mengembangkan teknologi pada roket-roket Long March milik Tiongkok yang terletak di bagian Tiongkok bagian Utara.

Nantinya ketika teknologi terbaru roket LM 5 benar-benar beroperasi penuh, tingkat kesuksesan peluncuran roket milik Tiongkok akan meningkat 2,5 x dalam aspek penjelajahan luar angkasa di masa depan

Dengan adanya teknologi terbaru LM 5, nantinya Tiongkok juga berencana untuk membangun stasiun luar angkasa Tiongkok yang akan beroperasi di orbit Bumi rendah.

Advertisement

Pembangunan bagian-bagian stasiun luar angkasa tersebut rencananya akan diluncurkan pada 2018 mendatang, dan secara menyeleruruh, stasuin luar angkasa Tiongkok ini akan selesai pada tahun 2023. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif