News
Jumat, 12 Februari 2016 - 23:15 WIB

PENANGGULANGAN TERORISME : RI Gagas Pertemuan Internasional Bahas Terorisme

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luhut Binsar Pandjaitan (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Penanggulangan terorisme membuat pemerintah menggagas pertemuan intenasional untuk membahasnya.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia akan menggagas pertemuan internasional khusus membahas tentang penanganan dan penanggulangan terorisme.

Advertisement

“Presiden beri green light ke saya untuk mengorganisir satu pertemuan internasional untuk masalah penanggulangan teroris dan juga deradikalisasi,” kata Luhut di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Ia mengatakan pertemuan tersebut akan diikuti oleh negara-negara ASEAN ditambah sejumlah negara lain seperti Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut menjelaskan pemerintah sedang mempersiapkan pertemuan tersebut dalam dua bulan ke depan. Rencananya, pertemuan internasional itu digelar di Jakarta guna membangun kerja sama yang lebih baik lagi dalam penanggulangan terorisme.

Advertisement

Luhut juga menjelaskan sebelumnya sudah ada tawaran kerja sama penanggulangan terorisme dari Rusia. “Kemarin Rusia juga datang menawarkan kerja sama, ya kenapa tidak,” kata purnawirawan jenderal TNI tersebut.

Kerja sama dengan Rusia tersebut meliputi pertukaran informasi intelijen, khususnya informasi mengenai konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Dalam pertemuan dan kerja sama dengan Rusia tersebut, kata Luhut, Indonesia ingin menunjukkan independensinya tidak tergabung dengan blok-blok negara manapun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif