News
Jumat, 12 Februari 2016 - 10:30 WIB

KISAH INSPIRATIF : Mama Super, Dokter Hewan Ini Ajak Bocah Balitanya Naik Gunung

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nyomie dan Max di Puncak Rengganis Argopuro (Instagram.com)

Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang wanita dokter hewan bernama Nyomie.

Solopos.com, SOLO — Pernah membayangkan mendaki gunung bersama seorang anak bawah lima tahun (balita)? Hal inilah yang dilakukan seorang wanita berprofesi dokter hewan, Nyoman Sakyarsih atau yang biasa disapa Nyomie.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com himpun dari tulisan seorang jurnalis Iyos Kusuma, yang juga aktif ngeblog di laman Guratankaki.com, Kamis (11/2/2016), Nyomie telah mengajak anak balitanya, Max, 3, naik gunung sebanyak 15 kali.

Berdasarkan wawancara Iyos bersama Nyomie, dokter hewan ini mengisahkan awal mula Max ikut naik gunung bersamanya.

Nyomie dan Max (Instagram.com)

Advertisement

Menurut Nyomie, kali pertama ia menggendong Max naik gunung adalah saat usia lima bulan. Ketika itu, Nyomie mendaki Gunung Bromo.

Ternyata, si kecil Max senang ikut sang ibu menaklukkan puncak gunung. Lalu, pada usia satu tahun 11 bulan, Max memulai tracking dengan berjalan kaki sendiri, tidak lagi melulu digendong seperti sebelumnya.

Nyomie mengaku ada kala Max harus tetap digendong, yaitu seperti ketika menghadapi medan yang licin, sangat menanjak atau curam. Nyomie merasa, tantangan baginya adalah ketika Max memberontak di gendongan, karena ingin berjalan sendiri saat berada di medan yang tak mudah dilalui anak kecil.

Max (Instagram.com)

Advertisement

Sebagai seorang ibu, Nyomie tak menampik pernah mendapat cibiran dari beberapa orang lantaran mengajak Max naik gunung. Namun, semua cibiran yang ia terima tak begitu Nyomie pedulikan, karena pada dasarnya Nyomie bisa melihat kebahagiaan Max ketika naik gunung.

Sebenarnya, Nyomie sendiri tak pernah menyangka Max akan antusias dengan hobi naik gunung. Sebagai anak kecil, Max juga senang bermain di arena permainan di mall, tapi Nyomie sendiri tak begitu suka dengan keramaian.

Maka, ketika melihat antusiasme Max mendaki gunung, Nyomie berpikir tak ada salahnya mengikutsertakan si kecil dalam tracking-nya. Waktu kerja yang padat sebagai dokter hewan, membuat Nyomie memilih naik gunung sebagai quality time-nya bersama Max.

“Karena ujian terbesar dari membawanya adalah bukanlah seberapa sulit menggendong atau seberapa berat mengatasi kemarahannya saat aku berkata tidak…Tapi saat dia menghentikan tangis dan jeritan, kembali kepelukanku dan tetap melangkah bersamaku betapapun sulit dan panasnya perjalanan ini,” tulis Nyomie di akun Instagram-nya, @nyomiez.

Advertisement

“Dan menjawab semua pernyataan kasihan untuknya krn telah menghadapi perjalanan melelahkan akupun hanya tersenyum krn sulit itu telah lama harus selalu kami lewati bahkan semenjak ia lahir, tidak ada satupun kebahagiaan bisa kunikmati tanpa dirinya bersamaku. Jika aku tak bisa menjamin dia bahagia, maka aku tak akan pernah melangkah kesini. Tambora, 1nov 2015. Pendakian max ke 13 #pendakicantik #wanitagunung #parapejalan #mountainesia #gunungindonesia #exploregunung #pendakiindonesia #tambora #gunungtambora #tamboramountain #dompu #indonesiajuara #beautifulindonesia #instagunung,” lanjut Nyomie.

Hingga saat ini, Nyomie terbiasa menuangkan gambaran pengalaman serunya bersama Max di akun Instagram. Salah satu contoh, ketika ibu dan anak itu menaklukkan puncak Gunung Rengganis Argopuro.

“Puncak #15 istana rengganis. Entah mengapa berasa sangat renta ketika harus menggendong bocah lincah petakilan gini. Makin lama makin parah gemesnya sama emak seakan2 emaknya kuat melakukan segalanya. Pdhl engga sekuat itu juga,” tulis @nyomiez.

“Mungkin ini sudah yg ke15 kakimu menjejaki puncak2 indah. Tapi kau dan aku tau perjalanan panjang kita yg sesungguhnya baru saja dimulai. Karena kamu kini sudah bisa menentukan langkah yg diinginkan. Aku hanya akan terus mendampingi,” tulis @nyomiez.

Advertisement

Aksi Nyomie mengajak Maz naik gunung ini lantas menyedot perhatian pengakses Internet (netizen). Banyak yang mengungkapkan kekagumannya kepada Nyomie dan Max.

“Kecil kecil udah jadi travel partner ibunya @adityarahman75,” tulis @echaadeliaa.

Kerennnn @nyomiez,” tulis @mikoles1917.

“Emng mamah super @nyomiez , brusn liat di tv lngsung ikutin ig nya,” tulis @aim_jeleg.

“@zahroaro super sekali,” tulis @anggradwir.

“@handry_agustinho super mom!! U super dad?” tulis @cmartanti.

Advertisement

Sebagian netizen pun terinspirasi dengan cara quality time Nyomie dengan sang anak.

“Keren nih ntar kita kyk gini y @novreska,” tulis @andirahadi.

Tjakep bener @sang_legendaris,” tulis @agnesiwa.

Ok fix ntar gt jg @agnesiwa,” tulis @sang_legendaris.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif