News
Jumat, 12 Februari 2016 - 09:45 WIB

HARGA EMAS HARI INI : Harga Emas Comex Melonjak 53,2 Poin

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (telegraph.co.uk)

Harga emas hari ini divisi Comex mengalami pelonjakan ke level US$1.247,80.

Solopos.com, JAKARTA — Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange melonjak pada Kamis (11/2/2016) atau Jumat (12/2/2016) pagi WIB, karena ekuitas Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan tajam dalam bereaksi terhadap kemerosotan harga minyak.

Advertisement

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April melonjak 53,2 dolar AS atau 4,45 persen, menjadi menetap di 1.247,80 dolar AS per ounce. Penutupan ini merupakan tingkat tertinggi kontrak emas berjangka sejak 5 Februari 2015.

Fitur hari ini ketidakstabilan ekonomi dan emas naik tajam karena itu, kata para analis. Dow Jones Industrial Average AS mendapat tekanan kuat dari jatuhnya harga minyak dan sempat turun lebih dari 300 poin. Pada pukul 19.00 GMT, indeks Dow Jones telah kehilangan 1,71 persen.

Analis mencatat bahwa ketika ekuitas mengalami kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sementara, sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun. Para pedagang dalam proses bergegas memburu logam mulia yang dianggap sebagai aset “safe haven“.

Advertisement

Emas mendapat dukungan lebih lanjut dari kesaksian Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen kepada Kongres. Sebelum pidato Yellen kepada Kongres AS pada Rabu, bank sentral mengisyaratkan bahwa masih bisa menaikkan suku pada Maret.

Namun, sekarang Yellen bersaksi kepada Kongres bahwa kenaikan akan dilakukan secara bertahap, banyak analis percaya bahwa kenaikan suku bunga berikutnya akan terjadi masih lama lagi tahun ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif