Teknologi
Jumat, 12 Februari 2016 - 11:45 WIB

BISNIS ONLINE : Ini 7 Poin Strategis Roadmap E-Commerce Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-commerce (JIBI/Solopos/Detik/Achmad Rouzani Noor)

Bisnis online Indonesia akan semakin berkembang dengan adanya roadmap e-commerce nasional.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah melalui proses penggodokan yang cukup panjang, pemerintah akhirnya merampungkan roadmap e-commerce nasional. Ada tujuh poin yang akan menjadi panduan dalam membangun pasar ekonomi digital Indonesia.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan roadmap e-commerce akan menjadi program nasional untuk masyarakat. “Ini harus benar-benar menjadi program nasional yang bukan hanya pemerintah saja, tapi mendorong private sector dan masyarakat,” kata Darmin Nasution.

Dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Hasan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf ini, ada tiga hal yang dibahas.

Advertisement

Dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Hasan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf ini, ada tiga hal yang dibahas.

Pertama, penetapan roadmap e-commerce. Kedua, pembentukan Komite Pengarah, Tim Pelaksana dan Project Management Office (PMO) e-commerce, dan ketiga adalah penyusunan rancangan Perpres tentang Peta Jalan e-Dagang Nasional.

Berikut tujuh poin strategi roadmap e-commerce seperti dikutip dari Detik, Kamis (11/2/2016).

Advertisement

Pemanfaatan cetak biru Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS) untuk meningkatkan kecepatan pengiriman logistik e-dagang dan mengurangi biaya pengiriman.

Pemerintah membantu pengembangan alih daya fasilitas logistik e-commerce khususnya untuk pengembangan e-commerce untuk UKM, penguatan perusahaan kurir lokal atau nasional yang berdaya saing.

2. Pendanaan

Advertisement

Finalisasi RPP e-commerce, membentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang dapat menyalurkan hibah pemerintah/Universal Service Obligation/subsidi pemerintah kepada digital UMKM dan startup e-dagang platform, optimalisasi lembaga keuangan bank sebagai penyalur KUR, skema penyediaan hibah untuk penyelenggaraan inkubator bisnis, skema penyediaan hibah yang sumbernya berasal dari CSR BUMN, skema penyertaan modal melalui modal ventura, skema penyediaan seed capital / bapak angkat pemain Teknologi Informasi dan Komunikasi, pengembangan kebijakan urun dana sebagai alternatif pendanaan termasuk kerangka manajemen risikonya.

3. Perlindungan Konsumen

Membangun kepercayaan konsumen melalui regulasi, perlindungan terhadap pelaku industri, penyederhanaan pendaftaran perizinan bisnis untuk pelaku e-commerce, mengembangkan nasional Payment Gateway secara bertahap yang dapat meningkatkan layanan pembayaran ritel elektronik (termasuk e-dagang), penyelenggaraan program inkubasi bagi startup untuk membantu perkembangan mereka, terutama pada tahap awal, mempersiapkan kebutuhan talenta untuk mempertahankan keberlangsungan ekosistem e-commerce.

Advertisement

4. Infrastruktur Komunikasi

Peningkatan infrastruktur komunikasi nasional sebagai tulang punggung pertumbuhan industri e-commerce.

5. Pajak

Dengan melakukan penyederhanaan kewajiban perpajakan atau tata cara perpajakan bagi pelaku startup e-commerce, pemberian insentif pajak bagi investor e-commrce, dan insentif pajak bagi startup e-commerce, dan persamaan perlakuan perpajakan berupa kewajiban untuk mendaftarkan diri termasuk pelaku usaha asing.

6. Pendidikan dan Sumber Daya Manusia

Memberikan edukasi bagi seluruh ekosistem e-commerce, penyelenggaraan kampanye kesadaran nasional e-commerce melalui media online dan offline di seluruh Indonesia, pemberian edukasi e-commerce bagi para pembuat kebijakan agar mendapatkan pemahaman tentang e-commerce sesuai peran pemerintah baik pusat dan daerah, meningkatkan infrastruktur komunikasi nasional sebagai tulang punggung pertumbuhan industri e-commerce.

7. Cyber Security

Peningkatan kesadaran pedagang online dan publik terhadap kejahatan dunia maya dan pelaku tentang pentingnya keamanan transaksi elektronik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif