Teknologi
Kamis, 11 Februari 2016 - 07:00 WIB

TIPS SMARTPHONE : Begini Cara Percepat Koneksi 3G di Smartphone

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Tips smartphone kali ini membahas koneksi Internet 3G di smartphone.

Solopos.com, SOLO — Meski sedang dilanda booming jaringan generasi keempat atau 4G Long Term Evolution (LTE) di Tanah Air, tentu tidak mengesampingkan jaringan 3G yang Anda gunakan saat ini.

Advertisement

Apabila koneksi 4G tidak menjadi pilihan bagi Anda, kemungkinan yang harus dilakukan adalah mencari cara untuk mempercepat kecepatan koneksi 3G. Berikut ini cara untuk mempercepat jaringan koneksi 3G di smartphone Anda, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (10/2/2016).

Opera Max

Advertisement

Opera Max

Untuk mempercepat koneksi mobile, Anda tidak perlu mengganti ke perangkat yang lebih baik, namun hanya dengan menjelajah Internet melalui aplikasi Opera Max.

Aplikasi tersebut akan mengambil kendali otoriter penggunaan data dan memaksimalkan kecepatan browsing. Meski aplikasi ini dirancang mendukung jaringan Wifi, namun difungsikan baik untuk penggunaan 3G.

Advertisement

Beralih ke Facebook Lite merupakan cara terbaik untuk mempercepat browsing menggunakan jaringan 3G, bahkan aplikasi sederhana ini juga bisa diakses di jaringan 2G.

Facebook Lite dirancang secara khusus untuk pengguna yang tidak dapat mengakses jaringan dan berfokus memberikan pengguna pengalaman dan meningkatkan pengalaman 3G.

Sebuah aplikasi web khusus ponsel yang mengombinasikan beragam jenis jaringan sosial serta berita terbaru. Meski merupakan aplikasi sederhana, Facebook Lite dibilang cukup lumayan untuk mempercepat jaringan.

Advertisement

Menonaktifkan Gambar di Browser

Untuk memungkinkan pengalaman Internet tercepat Anda, cobalah menempatkan browser di Text Only Mode. Apabila pengguna beralih browser ke Text maka akan mencegah pemuatan gambar yang merupakan pemakaian Internet besar.

Ketika ponsel Anda mulai mengabaikan gambar, maka dijamin pengguna akan merasakan dorongan kecepatan jaringan pada smartphone.

Advertisement

Kosongkan atau Clear Cache

Apabila Anda mengalami layanan lamban pada jaringan 3G, masalahnya mungkin ada pada perangkat dan seringkali pengguna mengeluhkan kinerja Android yang kurang optimal.

Salah satu solusinya Anda dapat membersihkan cache pada memori ponsel Android. Perawatan yang dilakukan adalah dengan membersihkan cache. Cache memiliki manfaat untuk mempercepat dalam membuka aplikasi.

Dalam membersihkan cache dapat menggunakan dua cara yakni manual dan menggunakan aplikasi. Pertama tap ke settings kemudian ke applications dan selanjutnya menuju Manage Applications. Kedua, setelah berada pada halaman Manage Applications, Anda dapat menghapus Cache.

Pilihan Mode Jaringan

Pengguna sering menemukan jaringan 3G hilang ketika akan mengunduh dan browsing, padahal pengguna membutuhkan jaringan 3G untuk mempercepat download file dan membuka web.

Oleh karena itu, pilihan mode jaringan rekomendasi dapat mengoptimalkan kecepatan data pada ponsel Anda. Dengan memilih salah satu mode ini juga bisa membuat baterai di smartphone Anda lebih hemat, serta jaringan koneksi Internet lebih stabil.

Cara memilih mode 2G dan 3G sangat mudah. Pertama, buka menu utama, pilih dan buka menu Setting, setelah itu pilih pada Setting Nirkabel dan Jaringan, terdapat Setting untuk jaringan selular.

Pilih pengaturan tersebut maka akan tampil beberapa menu Setting, kemudian pilih Preferred network Mode. Setelah itu terdapat pilihan WCDMA only, GSM only untuk mode otomatis dan untuk mengubahnya, Anda bisa pilih mode jaringan GSM/WCDMA/3G auto atau GSM/WCDMA/LTE auto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif