Jatim
Kamis, 11 Februari 2016 - 08:05 WIB

PERKEBUNAN PACITAN : Bupati Minta Warga Karangmulyo Optimalkan Cengkih

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga Desa Karangmulyo berdialog dengan Bupati Pacitan, Indartato. (Pacitankab.com)

Perkebunan Pacitan dengan komoditas utama cengkih sangat banyak ditemui di Desa Karangmulyo, tetapi selama ini potensi itu belum tergarap dengan baik.

Madiunpos.com, PACITAN —  Warga Desa Karangmulyo, Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur diarahkan untuk mengembangkan tanaman cengkih yang banyak tumbuh di wilayah itu. Sayangnya, selama ini, potensi itu belum tergarap dengan baik.

Advertisement

Selama ini, warga desa setempat hanya menjual daun cengkih kering hasil budi daya perkebunan Pacitan itu kepada pengepul. Padahal, bagian dari tanaman cengkih yang memiliki nilai ekonomis bukan hanya pada bagian daun, tetapi juga buah.

Hal itu dikatakan Bupati Pacitan, Indartato saat melakukan dialog dengan warga Desa Karangmulyo dalam acara Tilik Warga, Selasa (9/2/2016). “Sebenarnya di wilayah Karangmulyo sangat cocok dimanfaatkan untuk perkebunan cengkih,” kata Indartato yang dikutip Madiunpos.com yang dikutip dari laman Pacitankab.com, Rabu (10/2/2016).

Indartato menyampaikan daun tanaman cengkih bukan hanya bisa dijual dalam kondisi kering, tetapi warga bisa memprosesnya terlebh dulu menjadi minyak yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Advertisement

Keterbatasan Sarana
Menurut dia, warga Desa Karangmulyo belum banyak yang mengolah daun cengkih menjadi minyak karena keterbatasan sarana dan prasarana. “Pemkab Pacitan akan mengupayakan pengadaan alat bantu untuk produksi seperti pengadaan mesin penyulingan bagi warga yang ingin mengembangkan produksi tanaman cengkih,” kata Indartato.

Indartato juga mendesak pemerintah desa untuk jeli dalam menggali potensi yang ada di wilayahnya. Seluruh sumber daya yang dimiliki desa bisa berkembang dan memberi kesejahteraan bagi masyarakat ketika dikelola dengan baik.

Gunakan ADD
Selaian pemberdayaan potensi wilayah, Indartato meminta kepada pemerintah desa untuk memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) secara maksimal. Pemanfaatan ADD juga harus mempertimbangkan skala prioritas yang ada di wilayah setempat.

Advertisement

Selain berdialog dengan warga, Indartato juga meninjau fasilitas pendidikan dan sarana ibadah di Desa Karangmulyo serta memberikan bantuan kepada keluarga prasejahtera dan warga penyandang kebutuhan khusus.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif