Teknologi
Kamis, 11 Februari 2016 - 06:00 WIB

PENEMUAN BARU : Wow, Ratusan Galaksi Baru Ditemukan Dekat Bima Sakti

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Galaksi Bima Sakti (JIBI/Solopos/Reuters)

Penemuan baru ratusan galaksi yang ditemukan oleh para peneliti dan astronomi hanya berjarak 250 juta tahun cahaya.

Solopos.com, SOLO — Para astronomi dan peneliti menemukan ratusan galaksi dengan jarak 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Penemuan baru galaksi itu sebelumnya tersembunyi dan tidak dapat dilacak oleh para astronomi.

Advertisement

Dikutip dari Techtimes, Rabu (10/2/2016), tentu saja dengan penemuan baru galaksi-galaksi di Tata Surya akan menimbulkan pertanyaan bagaimana bisa ratusan galaksi yang memiliki jarak dekat dengan galaksi kita bisa bersembunyi dalam jangka waktu yang lama.

Penemuan baru ratusan galaksi ini dipublikasikan di Astronomical Journal, yang berisi tentang informasi detail dari ditemukannya ratusan galaksi dan beberapa gagasan tentang galaksi lain yang bersembunyi.

Peneliti sudah sangat yakin memang masih ada ratusan bahkan mungkin mencapai ribuan galaksi yang berdekatan dengan galaksi Bima Sakti, namun para peneliti tidak tahu lokasi tepat dari galaksi-galaksi tersebut.

Advertisement

Beberapa peneliti beranggapan banyaknya galaksi di luar sana yang tersembunyi karena galaksi Bima Sakti sendiri yang membutakan kita. Galaksi Bima Sakti adalah galaksi yang besar dan memiliki intensitas cahaya, gas, debu, bintang, dan angkasa yang banyak dan luas.

Semua unsur dalam galaksi kita tersebut menyatu dan membentuk suatu lingkaran raksasa yang sangat terang. Karena terangnya Bima Sakti, membuat cahaya dari galaksi galaksi lain tidak terlihat.

Untuk meminimalisir fakta ini dan dapat menemukan galaksi lain, para peneliti menggunakan teleskop radio untuk meneliti suatu zona baru yang dinamai Zone of Avoidance. Dengan teleskop radio itu peneliti bisa memetakan  883 galaksi dan 250 galaksi baru. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif